Kominfo Rangkul Polri Perkuat Pembangunan Infrastruktur Ruang Digital 

Puteranegara Batubara · Selasa, 04 Mei 2021 - 15:51:00 WIB
Kominfo Rangkul Polri Perkuat Pembangunan Infrastruktur Ruang Digital 
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate di Mabes Polri. (Foto Okezone).

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) merangkul Polri untuk bekerjasama dalam memperkuat infrastruktur ruang digital se-Indonesia, sebagaimana cita-cita dari program Pemerintah saat ini. Hal itu usai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate melakukan audiensi dengan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

"Hari ini secara khusus saya medatangi dan menjumpai bapak Kapolri Jenderal Sigit dalam diskusi untuk menterjemahkan secara teknis program dan kebijakan Presiden di sektor Kominfo, yaitu secara spesifik di dalam rangka mengantar dan mengajak masyarakat untuk bersama-sama bermigrasi ke ruang digital perlu dibangun infrastruktur digital TIK telekomunikasi dan informatika yang lebih memadai ke seluruh wilayah tanah air," kata Johnny  di Gedung Utama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (4/5/2021).

Johnny mengungkapkan, Kominfo memerlukan peran Polri dalam kaitan pembangunan infrastruktur TIK di wilayah 3 T melalui BLU bakti Kominfo. 

"Tentu dalam pembangunan itu ada banyak kerjasama yang harus dibangun baik lintas kementrian lembaga maupun dengan rekan dengan sahabat pemerintah daerah dan ekosistemnya," ujar Johnny.

Kerja sama itu, Johnny meyakini bahwa pembangunan infrastruktur tersebut bakal lebih berjalan dengan baik dan maksimal. Sebab itu, dia berharap Polri mampu mengerahkan jajarannya dalam hal itu. 

"Secara khusus tentunya, kominfo berharap bahwa dukungan personel yang kuat yang dimiliki Polri yang tersebar di seluruh wilayah tanah air ya bisa menjadi modal kuat dalam kolaborasi TIK untuk kepentingan masyarakat dan rakyat indonesia kita tidak bisa hindari bahwa kebutuhan infrakstruktur TIK semakin tinggi, semakin diperlukan oleh masyarakat," ucap Johnny. 

Dalam hal ini, Kominfo akan melengkapi pembangunan infrastruktur seluruh Indonesia di 83.548 desa dan kelurahan dengan kehadiran signal 4G.

"Tidak saja di wilayah urban di kota, tetap secara khusus juga di wilayah kampung kampung atau desa-desa. Nah di wilayah ini tantanganya banyak, termasuk tantangan kamtibmas tentu dengan dukungan dari Polri mudah-mudahan ini bisa dilakukan dengan baik," tutur Johnny. 

Editor : Faieq Hidayat

Halaman : 1 2