Komnas HAM: PSBB Harus Jamin Kebutuhan Dasar Masyarakat

Sindonews ยท Rabu, 01 April 2020 - 20:34 WIB
Komnas HAM: PSBB Harus Jamin Kebutuhan Dasar Masyarakat

Pedagang di Pasar Manis, Purwokerto, Jateng (Foto: iNews/Saladin Ayyubi)

JAKARTA, iNews.id - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) berharap pemerintah tetap memperhatikan kebutuhan dasar masyarakat di tengah penetapan status pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk mencegah penyebaran virus corona. Teknis penerapan PSBB tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 21 Tahun 2020.

Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam mengatakan kewajiban pemerintah memastikan kebutuhan dasar masyarakat tertuang dalam Pasal 4 PP tersebut. Meski pemerintah menggunakan kata memperhatikan.

"Hal itu harus dimaknai sebagai pijakan usul kebijakan dan penetapan PSBB untuk memastikan jaminan terpenuhinya kebutuhan dasar masyarakat," kata Anam dalam keterangan tertulis, Rabu (1/4/2020).

Anam khawatir penerapan PSBB tak akan maksimal jika kebutuhan dasar masyarakat tak dijamin. Apalagi dengan imbauan pemerintah agar masyarakat bekerja, belajar, dan beribadah di rumah.

Dia mengatakan salah satu cara pemenuhan kebutuhan dasar dengan memberikan langsung kepada masyarakat. Menurutnya hal itu sesuai dengan rekomendasi Komnas HAM yang sudah disampaikan ke Presiden Joko Widodo.

"Ada 18 rekomendasi Komnas HAM kepada Presiden," ujarnya.

Editor : Rizal Bomantama