Kondisi Membaik, 2 Warga Depok Terinfeksi Virus Korona Akan Diperiksa 5 Hari Lagi

Antara ยท Selasa, 03 Maret 2020 - 02:11 WIB
Kondisi Membaik, 2 Warga Depok Terinfeksi Virus Korona Akan Diperiksa 5 Hari Lagi

Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto. (Foto: iNews.id/ Felldy Utama).

JAKARTA, iNews.id - Warga Depok, Jawa Barat yang positif terinfeksi virus korona (covid-19) akan diambil spesimennya. Selanjutnya, dua warga Depok itu akan diuji kembali untuk memeriksakan kondisi kesehatan 5 hari kemudian.

Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mengatakan, kondisi terkini keduanya semakin baik. Saat ini tetap berada di ruang isolasi berbeda di Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Jakarta untuk dipantau perkembangannya.

"Sebenarnya kalau mau dipulangkan ya bisa tapi kan saya mesti cek lagi, kita swap ulang. Biasanya setelah lima hari kita swap ulang," ujar Terawan di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta, Senin (2/3/2020).

Dia menuturkan, setelah l5 hari, akan dilihat hasil pemeriksaan spesimen dan kondisi tubuh pasien. Jika kondisi tubuh pasien sehat dan tidak ada virus yang berkembang maka mereka bisa dipulangkan.

Menurutnya, perawatan yang diberikan ditujukan memperkuat daya tahan tubuh agar kuat melawan penyakit. "Perawatan seperti orang kena flu, vitamin diberikan, makanan disehatkan, bukan diberi antibiotik karena ini kan bukan karena bakteri, ini kan kena virus," ucapnya.

Sementara dua anggota keluarga lain yang tinggal bersama dua terjangkit virus korona tidak menunjukkan gejala terinfeksi, namun pemeriksaan tetap dilakukan. "Kalau kondisinya tidak apa-apa ya tidak kita tahan," katanya.

Editor : Kurnia Illahi