Kongres NasDem, Surya Paloh Sentil Partai yang Mengaku Nasionalis & Pancasilais

Aditya Pratama ยท Jumat, 08 November 2019 - 22:36 WIB
Kongres NasDem, Surya Paloh Sentil Partai yang Mengaku Nasionalis & Pancasilais

Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, memberikan pidato dalam acara pembukaan Kongres II Partai NasDem di Jakarta, Jumat (8/11/2019). (Foto: ANTARA)

JAKARTA, iNews.id – Kongres II Partai NasDem resmi dibuka di Jakarta, malam ini. Dalam kesempatan itu, Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, menyebut ada pihak yang mengaku sebagai partai paling nasionalis dan pancasilais, namun dalam praktiknya tidak mencerminkan kedua hal tersebut.

Menurut dia, penilaian itu muncul lantaran pihaknya sering mendapatkan kecurigaan dari pihak lain dan itu tidak mencerminkan nilai-nilai Pancasila. Tanpa menyebutkan secara eksplisit partai yang dimaksud, dia menantang parpol yang mengklaim diri nasionalis dan Pancasilais untuk membuktikan klaim tersebut.

“Pancasila sebagai pegangan kita, tapi kita tidak laksanakan itu. Ngakunya partai nasionalis, partai yang Pancasilais, ya buktikan saja. Rakyat membutuhkan pembuktian partai mana yang paling menanamkan nilai-nilai Pancasila,” ujar Surya Paloh saat memberikan sambutannya dalam pembukaan Kongres II Partai NasDem di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (8/11/2019).

Menurut dia, jika ada pihak-pihak yang kerap mengundang propaganda dan mengajak berseteru satu sama lain, dapat dipastikan mereka bukanlah penganut Pancasila. “Kalau partai yang masih mengundang cynical propaganda yang kosong mengajak berkelahi satu sama yang lainnya, ahh yang pasti itu bukan Pancasilais itu,” ujar dia.

Surya pun turut berpesan kepada seluruh kader Partai NasDem jika ingin partainya dikenal sebagai partai Pancasilais maka haruslah bersikap rendah hati. “Rangkul teman, salam teman, tawarkan pikiran-pikiran sama teman jangan musuhi teman. Nah, itu baru namanya mengamalkan nilai-nilai Pancasila,” ucapnya.


Editor : Ahmad Islamy Jamil