KPK Akan Limpahkan Kasus RJ Lino ke Pengadilan Dalam Waktu Dekat

Riezky Maulana ยท Selasa, 18 Februari 2020 - 07:59 WIB
KPK Akan Limpahkan Kasus RJ Lino ke Pengadilan Dalam Waktu Dekat

Pelaksana tugas (Plt) Juru Bicara KPK Ali Fikri. (Foto: iNews.id/Riezky Maulana)

JAKARTA, iNews.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan berkas perkara tersangka mantan Direktur Utama (Dirut) PT Pelindo II Richard Joost Lino (RJL) tidak akan lama lagi dilimpahkan ke pengadilan. Saat ini, lembaga antirasuah itu sedang melengkapi berkas perkara.

Pelaksana tugas (Plt) Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan, saksi-saksi terkait kasus RJ Lino sudah lengkap. Penyidik KPK nantinya akan berkoordinasi dengan Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) terkait keterangan beberapa saksi.

"Karena begini, tentunya setelah penyidik memeriksa sekian orang saksi, kemudian akan berkoordinasi lagi ya dengan BPK," ujarnya di Gedung KPK, Senin (17/2/2020).

Tahapan selanjutnya, menurut dia, yakni prapenuntutan. Dalam proses tersebut kata Ali, akan menerima masukan dari jaksa peneliti.

"Inilah yang kita tunggu prosesnya, namun saya kira tidak terlalu lama ya," ucapnya.

Dia menuturkan, beberapa waktu lalu, BPK juga telah menyambangi KPK untuk menunjukkan draf dari kerugian negara yang menjadi alasan kenapa kasus ini mandek sejak penetapan tersangka RJ Lino di Desember 2015.

Dalam kasus tersebut, RJ Lino diduga menyalahgunakan wewenangnya dengan menunjuk langsung Wuxi Hua Dong Heavy Machinery Co Ltd (HDHM) dari China dalam pengadaan tiga unit QCC di Pontianak, Palembang, dan Lampung. Proyek pengadaan QCC ini bernilai sekitar Rp100 miliar.

RJ Lino diduga melawan hukum dan menyalahgunakan wewenangnya untuk memperkaya diri serta korporasi. KPK menjerat RJ Lino dengan Pasal 2 ayat 1 dan atau Pasal 3 UU Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 juncto Pasal 55 KUHP.


Editor : Djibril Muhammad