KPK Lelang Perhiasan Terpidana Kasus Korupsi Syahrul Rajasempurnajaya, Terjual Rp245 Juta

Arie Dwi Satrio ยท Rabu, 27 Januari 2021 - 15:58:00 WIB
KPK Lelang Perhiasan Terpidana Kasus Korupsi Syahrul Rajasempurnajaya, Terjual Rp245 Juta
Ilustrasi, Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jakarta Selatan. (Foto: iNews.id/Riezky Maulana).

JAKARTA, iNews.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bekerja sama dengan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jakarta III melelang perhiasan milik terpidana kasus korupsi, Syahrul Rajasempurnajaya. Perhiasan tersebut dilelang seharga Rp245 juta.

Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan, putusan terhadap Syahrul Rajasampurnajaya telah berkekuatan hukum tetap. 

"Telah dilaksanakan lelang bersama dengan KPKNL Jakarta III dan berhasil terjual satu set perhiasan berupa gelang emas putih lima mata berlian, kalung emas putih, dua anting emas putih mata berlian dan cincin emas dengan harga Rp245.111.000," ujar Ali Fikri di Jakarta, Rabu (27/1/2021).

Dia menyampaikan, uang hasil lelang akan langsung disetorkan ke kas negara. "Sebagai upaya memaksimalkan pemasukan bagi kas negara dari aset recovery tindak pidana korupsi yang ditangani oleh KPK," ucapnya.

Selain itu, kata dia KPK juga telah menyetorkan uang ke kas negara sebesar Rp962 juta. Menurutnya, uang yang disetorkan berasal dari hasil rampasan terpidana kasus korupsi Refly Ruddy Tangkere.

"Jaksa Eksekusi KPK Andry Prihandono juga telah melakukan penyetoran ke kas negara berdasarkan Putusan PN Tipikor pada PN Samarinda Nomor 10/Pid.Sus -TPK/2020/PN.Smr tanggal 17 Juni 2020 yang telah berkekuatan hukum tetap," katanya.

Editor : Kurnia Illahi