KPU Undi Pertanyaan Debat Cawapres 2019 Ma'ruf versus Sandi

Ilma De Sabrini ยท Minggu, 17 Maret 2019 - 19:17 WIB
KPU Undi Pertanyaan Debat Cawapres 2019 Ma'ruf versus Sandi

Debat Pilpres 2019. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menerapkan aturan baru pada debat Pilpres 2019 putaran ketiga yang mempertemukan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 01 Ma'ruf Amin dengan nomor urut 02 Sandiaga Uno.

Aturan baru tersebut adalah pertanyaan yang akan diajukan kepada Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno diundi terlebih dahulu. Pengundian tersebut akan dilakukan masing-masing kubu baik 01 dan 02.

Kubu 01 diwakili Direktur Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Aria Bima, sedangkan kubu 02 anggota Badan Pemenangan Nasional (BPN) Chandra Tirta Wijaya.

Pada undian diperlihatkan masing-masing kubu mengambil pertanyaan yang sudah ditempatkan KPU dalam sebuah fishbowl. Kesempatan pertama diberikan kepada kubu 01.

Aria Bima mengambil bola nomor 1 dan 2 yang akan menentukan tema pertanyaan. Sedangkan Chandra mengambil bola nomor 3 dan 4.

Untuk bola yang diambil Aria Bima, yakni 1 dan 2, bertemakan pendidikan dan kesehatan. Sementara Chandra mengambil boal yang bertemakan ketenagakerjaan dan sosial budaya.

Masing-masing kubu kemudian mengambil bola kembali dalam fishbowl. Pengambilan bola kali ini untuk menentukan amplop pertanyaan.

Dari pengundian, Aria Bima mengambil bola D untuk tema pertanyaan pendidikan dan bola C untuk tema pertanyaan kesehatan. Pada debat nantinya, Ma'ruf Amin bakal jawab pertanyaan tema pendidikan dari amplop D dan pertanyaan kesehatan dari amplop C.


Editor : Djibril Muhammad