KSP Sebut Intoleransi Jadi Ladang Subur Pengembangan Terorisme

Fahreza Rizky ยท Selasa, 04 Mei 2021 - 19:29:00 WIB
KSP Sebut Intoleransi Jadi Ladang Subur Pengembangan Terorisme
Ilustrasi terorisme. (Foto: Ilustrasi/Ist)

JAKARTA, iNews.id - Tenaga Ahli Utama Kedeputian V Kantor Staf Presiden (KSP), Rumadi Ahmad, mengatakan intoleransi menjadi ladang subur pengembangan paham keagamaan yang menghalalkan aksi terorisme. Sebab itu, Rumadi mendorong penguatan moderasi beragama untuk menjaga karakter asli bangsa Indonesia yang berwatak toleran dan moderat.

Namun demikian, Ketua Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya PBNU ini menjelaskan, kini moderasi beragama menghadapi berbagai tantangan karena menguatnya paham keagamaan yang menghalalkan kekerasan.

"Moderasi beragama penting karena kita menghadapi berbagai tantangan. Misalnya semakin berkembangnya paham keagamaan yang misalnya menghalalkan kekerasan, apakah itu kekerasan yang sifatnya fisik maupun verbal," kata Rumadi dalam webinar KSP Mendengar: Moderasi Beragama dengan Momentum Bulan Suci Ramadan, Selasa (4/5/2021).

"Dan itu tentu menjadi persoalan serius karena dari kekerasan ini melahirkan intoleransi bahkan bisa menjadi ladang subur pengembangan paham keagamaan yang menghalalkan teorisme," tambah dia.

Rumadi menambahkan, moderasi beragama adalah sesuatu yang sudah melekat dan menjadi karakter dalam kehidupan keagamaan bangsa Indonesia. Bahkan hal itu masuk dalam aksi prioritas dalam RPJMN 2020-2024.

"(Moderasi beragama) pada dasarnya adalah penguatan dan upaya merawat dan menjaga karakter moderat yang sudah ada di masyarakat kita. Moderasi beragama sebagai karakter beragama yang sekarang ini kita miliki bukan sesuatu yang turun dari langit, tapi hasil dari proses sejarah yang panjang dan terus didalam proses menjadi," katanya.

Editor : Faieq Hidayat

Halaman : 1 2