Kubu 01 dan 02 Diminta Dewasa Sikapi Quick Count Pilpres 2019

Felldy Utama ยท Kamis, 18 April 2019 - 18:42 WIB
Kubu 01 dan 02 Diminta Dewasa Sikapi Quick Count Pilpres 2019

Ilustrasi, Pileg dan Pilpres serentak 2019. (Foto: Antara).

JAKARTA, iNews.id - Kedua pasangan capres dan cawapres serta tim pemenangan masing-masing diminta dewasa menyikapi hasil hitung cepat (quick count) Pilpres 2019 oleh sejumlah lembaga survei. Sejumlah quick count oleh lembaga survei memenangkan pasangan capres cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin.

Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Adi Prayitno menilai pidato Jokowi pada Rabu (17/4/2019) tidak mengesankan jemawa menyikapi hasil quick caunt. Jokowi dan para pendukungnya menyatakan akan mengikuti proses yang ada.

"Dari kubu 02 juga tidak reaksioner dan menunggu hasil hitung resmi KPU. Saya kira satu sikap yang lebih maju ketimbang 2014 saling klaim kemenanangan. Situasinya cukup panas. Kalau melihat sekarang kondisinya lebih adem," ujar Adi di Jakarta, Kamis (18/4/2019).

BACA JUGA:

Jokowi: Quick Count 12 Lembaga Survei Jokowi-Ma’ruf Menang 54,5 Persen

6 Lembaga Survei Dilaporkan ke Bareskrim

Menurutnya, tidak ada yang mengejutkan dari hasil quick caunt oleh sejumlah lembaga survei yang memenangkan Jokowi-Ma'ruf. Hasil quick count tersebut tidak jauh berbeda dengan hasil survei sebelumnya.

Dia mengingatkan, quick count bukan hasil resmi melainkan potret yang didasarkan pada hasil penghitungan suara di TPS. Jika ada pihak yang merasa dirugikan dengan hasil quick count sebaiknya melaporkan ke KPU dan Bawaslu. "Ini yang harus dijadikan pegangan bahwa quick count itu sebatas alat bantu," katanya.


Editor : Kurnia Illahi