Langgar Protokol Kesehatan, 25 Kampanye Calon Kepala Daerah Dibubarkan

Felldy Utama ยท Selasa, 27 Oktober 2020 - 20:36:00 WIB
Langgar Protokol Kesehatan, 25 Kampanye Calon Kepala Daerah Dibubarkan
Ilustrasi Pilkada serentak 2020. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Kampanye dengan metode tatap muka dan/atau pertemuan terbatas masih menjadi yang paling diminati dan paling banyak dilakukan meski di tengah ancaman penyebaran dan penularan Covid-19. Tak sedikit, ternyata terdapat kegiatan kampanye yang melanggar protokol kesehatan (Prokes).

Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Mochammad Afifuddin mencatat, ada 10 hari ketiga kampanye, pertemuan terbatas dan/atau tatap muka diselenggarakan sebanyak 13.646 kegiatan.

"Meski jumlahnya menurun dibandingkan pada 10 hari kedua kampanye yaitu sebanyak 16.468 kegiatan," kata Afif dalam keterangan tertulisnya, Selasa (27/10/2020).

Kendati demikian, Koordinator divisi bidang pengawasan Bawaslu ini mengungkap bahwa pihaknya masih menemukan sejumlah kegiatan kampanye tatap muka yang ternyata melanggar Prokes yang telah diatur.

"Dalam belasan ribu kegiatan kampanye tatap muka dan/atau pertemuan terbatas itu, Bawaslu menemukan 306 pelanggaran protokol kesehatan," ujarnya.

Menindaklanjuti atas temuan pelanggaran tersebut, kata dia, Bawaslu langsung menindaklanjutinya dengan melayangkan sebanyak 306 pelanggaran tertulis. Bahkan, ada juga yang langsung ditindaklanjuti dengan pembubaran bagi para peserta Pilkada 2020 yang masih tak mengindahkan peringatan tersebut.

"Sedangkan sanksi pembubaran kampanye dilakukan terhadap 25 kegiatan," katanya.


Editor : Muhammad Fida Ul Haq