Libur Nataru, PT KAI Hanya Jual Tiket 70 Persen Kapasitas Kereta

Komaruddin Bagja Arjawinangun, Sindonews ยท Senin, 30 November 2020 - 08:59:00 WIB
Libur Nataru, PT KAI Hanya Jual Tiket 70 Persen Kapasitas Kereta
PT KAI hanya menjual tiket kereta api sebanyak 70 persen kapasitas selama pandemi covid-19 termasuk saat libur natal dan tahun baru (nataru). (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id - PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) menegaskan untuk terus disiplin menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi covid-19. Apalagi saat ini penjualan tiket untuk libur natal dan tahun baru (nataru) telah dibuka.

Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa menjelaskan penerapan protokol kesehatan yang disiplin di moda transportasi kereta api telah mendapat pengakuan melalui status Safe Guard Label SIBV. Menurutnya penghargaan itu menunjukkan penerapan protokol kesehatan oleh PT KAI sudah mengacu pada parameter yang disusun oleh ahli dan auditor Kantor Pusat BV, international best practices, World Health Organization (WHO), regulasi Kementerian Kesehatan, Kementerian Perhubungan, dan Satgas Penanganan Covid-19.

"Pada masa pandemi, KAI berkomitmen menjual tiket KA jarak jauh dan lokal hanya 70 persen dari kapasitas tempat duduk yang tersedia untuk menciptakan physical distancing sesuai Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor SE 14 tahun 2020 tanggal 8 Juni 2020," ucap Eva di Jakarta, Senin (30/11/2020).

Selain itu, kata Eva, pengguna kereta jarak jauh diwajibkan dalam kondisi sehat saat perjalanan. Syaratnya yaitu tidak menderita flu, pilek, batuk, dan demam, lalusuhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celsius serta diimbau menggunakan pakaian lengan panjang atau jaket.

Pengguna juga diharuskan menunjukkan Surat Bebas Covid-19 (Tes PCR/Rapid Test) yang masih berlaku 14 hari sejak diterbitkan atau surat keterangan bebas gejala seperti influenza (influenza-like illness) yang dikeluarkan oleh dokter rumah sakit/puskesmas bagi daerah yang tidak memiliki fasilitas Tes PCR dan/atau Rapid Test.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda