LIPI Anugerahkan Sarwono Award XVIII untuk Pakar Fisika Nuklir dan Partikel

Ilma De Sabrini ยท Rabu, 21 Agustus 2019 - 15:56 WIB
LIPI Anugerahkan Sarwono Award XVIII untuk Pakar Fisika Nuklir dan Partikel

LIPI menganugerahkan Sarwono Award XVIII kepada pakar fisika dan nuklir kepada Guru Besar FMIPA UI Terry Mart pada 2019 ini. (Foto: LIPI).

JAKARTA, iNews.id – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menganugerahkan LIPI Sarwono Award XVIII kepada pakar fisika nuklir dan partikel Prof Dr Terry Mart, guru besar Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Indonesia. Penganugerahan akan disampaikan bersamaan dengan puncak rangkaian peringatan HUT ke-52 LIPI pada Kamis (22/8/2019) besok.

Kepala LIPI Laksana Tri Handoko menuturkan, selama lebih dari setengah abad LIPI terus berkontribusi untuk memajukan serta memasyarakatkan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia. Penganugerahaan Sarwono Award, selain untuk memperingatai HUT, juga bagian dari tradisi keilmuan yang konsisten dilaksanakan LIPI.

Selain penganugerahan penghargaan, pada saat bersamaan juga akan digelar orasi ilmiah Sarwono Prawirohardjo Memorial Lecture XIX yang disampaikan Prof Dr Irwandi Jaswir, pionir riset Halal Science untuk memberikan.

Kegiatan Sarwono Prawirohardjo Memorial Lecture yang telah berlangsung sejak 2001 dan LIPI Sarwono Award sejak 2002 ini merupakan salah satu bentuk penghargaan LIPI terhadap prestasi ilmiah dan dedikasi anak bangsa dalam pengembangan ilmu pengetahuan di Indonesia.

Prof Dr Terry Mart. (Foto: dok.UI).

“Kegiatan ini juga untuk mengenang jasa dan pengabdian Prof Dr Sarwono Prawirohardjo sebagai Kepala LIPI yang pertama dalam membangun ilmu pengetahuan di Indonesia,” kata Laksana Tri Handoko, Rabu (21/8/2019).

Mengangkat tema “Pengembangan SDM Iptek Unggul di Era Industri 4.0”, kegiatan ini merupakan upaya pendidikan publik akan pentingnya peran ilmu pengetahuan dan teknologi dalam penyiapan sumber daya manusia untuk mendukung visi Indonesia Maju dari Presiden Joko Widodo.

LIPI, kata Handoko, memberikan penghargaan LIPI Sarwono Award XVIII kepada Terry sebagai sosok yang memiliki dedikasi yang tinggi dan konsisten dalam bidang ilmu dan pemikirannya, khususnya dalam Fisika Partikel Kaon.

“Kerja ilmiah Prof Terry dimulai dari 1987 ketika beliau menyusun skripsi sarjana. Model produksi partikel Kaon miliknya telah menjadi acuan peneliti yang menekuni bidang tersebut di seluruh dunia,” ujarnya.

Handoko menjelaskan, Terry merupakan sosok yang tak pernah berdiam diri. Hasil penelitiannya yang berkaitan dengan fisika partikel dan nuklir telah dicurahkan melalui karya-karyanya. Hingga kini, tidak kurang kurang lebih 133 publikasi baik jurnal ilmiah maupun publikasi popular. Beliau juga menjadi pembicara di 62 konferensi ilmiah, baik di tingkat internasional maupun nasional.

Beberapa penghargaan yang diterima oleh sosok kelahiran Palembang, 3 Maret 1965 ini yaitu Penghargaan Habibie Award (2001), Dosen berprestasi III UI (2004), Leading Scientist dari COMSTECH/Organisasi Konferensi Islam (2008), dan Ganesa Widya Jasa Adiutama dari ITB (2009).

Kemudian, Anugerah Kekayaan Intelektual Luar Biasa dari Departemen Pendidikan Nasional (2009), Outstanding Southeast Asian Scientists dari SEA-EU-NET (South East Asia – European Union Network) (2009), dan masih banyak penghargaan lainnya.

“Dedikasi, kontribusi pemikiran, dan produktifitas publikasi menjadikan Prof Terry Mart sebagai tokoh pemikir dan ilmuwan berkelas dunia dan dapat menjadi inspirasi bagi dunia penelitian, sivitas peneliti dan akademisi Indonesia untuk secara sungguh-sungguh fokus dalam mengembangkan kepakarannya,” ujar Handoko.

Sementara Irwandi Jaswir akan menyampaikan orasi ilmiah berjudul ”Menjadi Periset Berkelas Dunia di Era Industri 4.0”. Irwandi merupakan orang Indonesia kedua yang menerima King Faisal International Prize setelah mantan Perdana Menteri Mohammad Natsir pada 40 tahun lalu.

”Ini pertama kali dalam sejarah, kategori ini dimenangkan oleh ilmuwan dari Indonesia,” ucap Handoko.


Editor : Zen Teguh

Halaman : 1 2 Tampilkan Semua