Mahfud MD Datangi Tito Karnavian, Bahas Persiapan Pilkada 2020

Antara ยท Jumat, 17 Januari 2020 - 16:00 WIB
Mahfud MD Datangi Tito Karnavian, Bahas Persiapan Pilkada 2020

Menko Polhukam Mahfud MD dan Medagri Tito Karnavian usai bertemu di Kantor Kemendagri, Jakarta, Jumat (17/1/2020). (Foto: Dok Puspen Kemendagri)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD datang ke Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta, Jumat (17/1/2020) siang. Mahfud bertemu dengan Mendagri, Tito Karnavian untuk membahas persiapan Pilkada serentak 2020.

Mahfud ingin koordinasi antar kementerian diperkuat untuk memastikan kesiapan penyelenggaraan Pilkada serentak 2020. "Banyak hal yang kami bicarakan, tapi yang pasti kami memperkuat kombinasi bersama untuk memastikan persiapan penyelenggaraan Pilkada 2020 berjalan baik," kata Mahfud usai pertemuan.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu juga meyakinkan masyarakat bahwa pemerintah pusat siap menyelenggarakan Pilkada serentak 2020. "Insya Allah aman dan lancar," kata Mahfud.

BACA JUGA: PKS dan Partai Berkarya Sepakat Berkoalisi di Pilkada 2020

Di sisi lain, Tito Karnavian mengatakan kedatangan Mahfud untuk memahami lebih lanjut tugas Kemendagri. Pertemuan tersebut berlangsung kurang lebih salama dua jam.

"Saya sampaikan tugas utama Kemendagri adalah menjaga stabilitas politik terutama politik tingkat nasional karena Kemendagri adalah pembina politik," ucapnya.

BACA JUGA: Anak dan Mantu Ikut Pilkada 2020, Jokowi: Kalau Rakyat Enggak Memilih, Gimana?

Dia juga menjelaskan Kemendagri mempunya tugas membina kepala daerah sekaligus mengawasinya. Terutama di bidang regulasi, keuangan, dan pengawasan.

"Kemudian saya menjelaskan bahwa Mendagri juga memiliki tugas sebagai kepala Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan (BNPP)," ujarnya.


Editor : Rizal Bomantama