Mahfud MD Rapat Bersama Pimpinan TNI dan Polri Bahas Keamanan Papua

Antara ยท Selasa, 10 Maret 2020 - 06:11 WIB
Mahfud MD Rapat Bersama Pimpinan TNI dan Polri Bahas Keamanan Papua

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD. (Foto: iNews.id/ Wildan Catra Mulia).

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengundang pimpinan, TNI, Polri dan seluruh jajaran terkait, Selasa (10/3/2020). Rapat tersebut membahas situasi dan kondisi terkini di Papua.

Dia menilai selama ini TNI dan Polri telah bekerja sesuai standar operasional prosedur (SOP) dalam menghadapi kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua.

"Besok (Selasa, 10 Maret 2020) saya mengundang Polri, Kejaksaan, TNI serta semua kementerian dan lembaga terkait ke sini (Kantor Kemenko Polhukam)," ujar Mahfud di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (9/3/2020).

Rencananya, rapat dimulai pukul 09.30 WIB di Kemenko Polhukam. Dalam rapat itu akan membahas lebih detail mengenai penaganan keamanan di Papua.

"Secara prosedural sudah ada SOP-nya, ya. Aparat keamanan sudah bekerja di sana, pemerintah sudah bekerja, tapi secara lebih detail penanganan besok masih akan ada rapat di Kemenko Polhukam," ucapnya.

Sebelumnya, KKB melakukan serangkaian aksi penyerangan, seperti di Polsek Tembagapura, Papua, Senin (2/3/2020) yang menyebabkan seorang anggota polisi terluka.

Penyerangan terjadi pukul 13.00 WIT berasal dari arah perbukitan yang berada di belakang kantor polisi dengan tembakan membabi buta.

Editor : Kurnia Illahi