Mahfud MD: Status Kewarganegaraan WNI Mantan ISIS Tak Dicabut

Antara ยท Kamis, 13 Februari 2020 - 14:41:00 WIB
Mahfud MD: Status Kewarganegaraan WNI Mantan ISIS Tak Dicabut
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD. (Foto: iNews.id/ Felldy Utama).

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah tidak mencabut status kewarganegaraan warga negara Indonesia (WNI) yang pernah bergabung dengan ISIS. Pencabutan status kewarganegaraan harus melalui proses hukum yang berlaku.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD mengatakan, para WNI mantan ISIS hanya dilarang kembali ke Tanah Air.

"Kita kan tidak mencabut kewarganegaraannya, hanya mereka tidak boleh pulang ke Indonesia karena mereka ISIS," ujar Mahfud di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Kamis (13/2/2020).

Sebelumnya, Komisi Nasional Hak Asasi Manusi (Komnas HAM) minta pemerintah segera menentukan nasib warga negara Indonesia (WNI) eks ISIS. Ketua Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik menyebut pemerintah harus cermat dan segera menyelesaikannya untuk menghindari polemik berkepanjangan.

Taufan menuturkan, jika pemerintah terlalu lama mengambil keputusan soal ini, dikhawatirkan ada oknum yang menggunakannya untuk kepentingan politik. Dia mengingatkan pemerintah persoalan tersebut termasuk ranah hukum, bukan masalah kemanusiaan atau politik.

"Saya kira pemerintah harus cermat tapi tidak boleh lama-lama, nanti bisa jadi polemik politik. Ini bukan isu politik ini isu hukum, ini bukan soal kemanusiaan ini isu hukum," katanya di Jakarta, Minggu (9/2/2020).

Editor : Kurnia Illahi