MAKI Ajukan Gugatan Praperadilan SP3 Kasus BLBI Sjamsul Nursalim, Ini Kata KPK

Raka Dwi Novianto ยท Jumat, 02 April 2021 - 15:52:00 WIB
MAKI Ajukan Gugatan Praperadilan SP3 Kasus BLBI Sjamsul Nursalim, Ini Kata KPK
Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri

JAKARTA, iNews.id- Penghetian penyidikan atau SP3 yang dikeluarkan KPK terkait perkara dugaan korupsi Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) dengan tersangka Sjamsul Nursalim dan istrinya akan digugat di praperadilan oleh MAKI. KPK mengaku menghormati upaya yang akan dilakukan MAKI itu

Pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK Ali Fikri mengatakan KPK sudah maksimal dalam penanganan kasus BLBI itu. KPK telah mengajukan Peninjauan Kembali ke Mahkamah Agung (MA) namun ditolak.

"KPK telah berupaya maksimal sampai kemudian saat itu juga diajukan upaya hukum luar biasa PK dan ditolak oleh MA," ujar Ali dalam keterangannya, Jumat (2/4/2021).

Ali menjelaskan bahwa dikeluarkannya SP3 pada kasus BLBI sudah sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku. Sebab, KPK mengaju pada putusa tingkat MA yang membebaskan Syafruddin Arsyad Temenggung.

"Oleh karena syarat unsur adanya perbuatan penyelenggara negara tidak terpenuhi sedangkan SN dan ISN sebagai orang yang turut serta melakukan perbuatan bersama- sama dengan SAT selaku penyelenggara negara maka demi kepastian hukum KPK menghentikan penyidikan perkara dimaksud," ujar Ali.

Editor : Ibnu Hariyanto

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda