Ma'ruf Amin: Pembelahan akibat Pemilu Harus Diselesaikan

Wildan Catra Mulia ยท Kamis, 18 April 2019 - 18:45 WIB
Ma'ruf Amin: Pembelahan akibat Pemilu Harus Diselesaikan

Calon wakil presiden (cawapres) Ma'ruf Amin. (Foto: iNews.id/Wildan Catra Mulia)

JAKARTA, iNews.id – Calon wakil presiden (cawapres) Ma’ruf Amin menginginkan adanya rekonsiliasi seluruh komponen bangsa selepas Pemilu 2019. Menurut dia, upaya itu bertujuan untuk memperlihatkan kepada masyarakat luas bahwa semua elite sudah kembali bersatu.

“Kita pasti harus melakukan rekonsiliasi kepada seluruh komponen bangsa. Oleh karena itu, pembelahan yang terjadi akibat pilpres maupun pileg harus kita akhiri sampai pemilu saja. Sesudah itu, kita menyatu lagi membangun bangsa,” kata Ma’ruf Amin di kediamannya, Jalan Situbondo Menteng, Jakarta, Kamis (18/4/2019)

BACA JUGA: Ketiga Kalinya, Prabowo Kembali Deklarasikan Kemenangan di Pilpres

Ma’ruf menuturkan, jika ketegangan yang terjadi sejak menjelang pilpres terus dipertahankan, harmonisasi antargolongan bakal menjadi taruhannya. “Sehingga harmonisasi hubungan antarkelompok-kelompok ini menjadi terganggu. Kalau sudah terganggu, maka pembangunan dan stabilitas akan terganggu,” ungkapnya.

Ma’ruf beranggapan, untuk dapat menyatukan semua, diperlukan konsolidasi kebangsaan yang antara lain bisa diwujudkan dengan mengadakan dialog-dialog antarelite di Indonesia. “Pastilah. Setelah selesai semua, kita akan membiat agenda-agenda yang sifatnya memang kegiatan yang sifatnya melakukan agenda upaya rekonsiliasi,” ujarnya.


Editor : Ahmad Islamy Jamil