Masyarakat Tolak Sembako Akan Dikenakan PPN, Selengkapnya di iNews Siang Jumat Pukul 11.00 WIB

Tim MNC Portal ยท Jumat, 11 Juni 2021 - 10:55:00 WIB
Masyarakat Tolak Sembako Akan Dikenakan PPN, Selengkapnya di iNews Siang Jumat Pukul 11.00 WIB
Saksikan iNews Siang pukul 11.00 WIB langsung di stasiun televisi berita milik MNC Group, iNews. (Foto: Dok. iNews).

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah terus berupaya untuk mengoptimalkan penerimaan negara melalui sektor perpajakan. Terbaru, pemerintah berencana mengenakan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) untuk sejumlah bahan pokok (sembako).

Akibat keputusan pemerintah akan hal ini masyarakat dari berbagai lapisan menolak rencana pemerintah mengenakan pajak pertambahan nilai atau PPN atas barang bahan pokok atau sembako dari sektor pertanian, perkebunan, kehutanan, peternakan dan perikanan. 

Kebijakan itu tertuang dalam rencana perluasan objek PPN yang diatur di Revisi Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (KUP).

Wakil Ketua DPR Abdul Muhaimin Iskandar, meminta pemerintah meninjau ulang rencana itu karena akan berpotensi memperberat kondisi masyarakat di tengah krisis. “Apalagi kebijakan tersebut digulirkan di masa pandemik dan situasi perekonomian saat ini yang sedang sulit," ujar pria yang biasa disapa Cak Imin ini, Kamis (10/6/2021).

Saksikan selengkapnya dalam iNews Siang Wilson Purba dan Berndheta Ginting pukul 11.00 WIB langsung di stasiun televisi berita milik MNC Group, iNews. Ikuti program ini melalui aplikasi RCTI+ dan www.rctiplus.com

Editor : Kurnia Illahi