Masyarakat yang Namanya Dicatut Parpol Bisa Melapor ke Bawaslu

Carlos Roy Fajarta ยท Jumat, 19 Agustus 2022 - 08:46:00 WIB
Masyarakat yang Namanya Dicatut Parpol Bisa Melapor ke Bawaslu
Bawaslu mengimbau masyarakat umum yang merasa namanya dicatut menjadi anggota partai politik peserta Pemilu 2024 untuk mengadu (foto : ANTARA)

JAKARTA, iNews.id - Bawaslu mengimbau masyarakat umum yang merasa namanya dicatut menjadi anggota partai politik peserta Pemilu 2024 untuk mengadu. Sebelumnya, ada laporan nama masyarakat hingga anggota KPUD dicatut di Sipol KPU.

"Nah masyarakat bisa mengadukan keberatan terhadap pencatutan nama-nama itu. Kalau ada nama yang dicari sebagai pengurus atau anggota atau kepentingan yang lain ya silakan yang berkaitan dengan pemilu, silakan mengadukan ke Bawaslu," kata Anggota Bawaslu Totok Hariyono, Kamis (18/8/2022).

Apabila ada masyarakat yang melaporkan namanya dicatut partai politik maka Bawaslu akan mendiskusikan pokok perkaranya, dan lalu apa yang harus dilakukan berikutnya.

Dia menjelaskan dari pemeriksaan tahap awal total ada 275 nama anggota Bawaslu yang ternyata namanya didaftarkan oleh partai politik dalam Sipol KPU RI untuk Pemilu 2024.

"Namanya ada di daerah terutama yang kita sarankan dulu kan ada 275 yang ketahuan dari Bawaslu itu. Yang dari masyarakat masih belum, makanya buka kita pengaduan itu ke masyarakat gitu. Kalau di Penyelenggara kita instruksikan itu, masing-masing," tutur Totok Hariyono.

Bawaslu akan terus membuka pengaduan masyarakat terkait nama dicatut ataupun berbagai pelanggaran Pemilu 2024 lainnya hingga masa Pemilu 2024 selesai nantinya.

"Kita terus buka saja sampai nanti, sampai pemilu selesai. Kan tidak hanya soal verifikasi parpol, soal yang berkaitan dengan pemilu," tuturnya.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda