Melihat Ketangguhan Sepatu Prajurit TNI, Tahan Diuji 15.000 Kali Tekukan

Jonathan Simanjuntak ยท Rabu, 25 Mei 2022 - 08:25:00 WIB
Melihat Ketangguhan Sepatu Prajurit TNI, Tahan Diuji 15.000 Kali Tekukan
Laboratorium Penelitian dan Pengembangan TNI Angkatan Darat (Litbangad) menguji prajurit TNI dengan 15.000 kali tekukan. (Foto: MPI/Jonathan Simanjuntak)

JAKARTA, iNews.id - Laboratorium Penelitian dan Pengembangan TNI Angkatan Darat (Litbangad) merupakan tempat penguji alutsista dan peralatan prajurit. Salah satu yang diuji yakni sepatu pakaian dinas harian (PDH) yang digunakan sehari-hari.

Pengujian sepatu dilakukan di laboratorium pada seksi uji alat kelengkapan satuan TNI AD. Sepatu PDH prajurit dimasukkan kesebuah alat yang mengait tepat di bagian depan (toe box).

Mesin tersebut kemudian akan bergerak bak manusia melangkah. Pengujian dilakukan sebanyak 15.000 kali tekukan dalam seksi ini.

“Kita menguji mekanisme sepatu itu berdasarkan kebutuhan lapangan,” kata Kepala Laboratorium Litbangad Kolonel Arh Sapta Rendra, Rabu (25/5/2022).

Sapta mengatakan pengujian dilakukan karena prajurit TNI menghadapi medan-medan yang berbeda. Misalnya saja, prajurit TNI akan menuju hutan dan menjejakkan kakinya di hutan-hutan yang berair.

“Kan suka ada yang sobek di bagian depan, ketika ketekuk juga sama, kalau sepatu kena air dan kemasukan akhirnya selain masalah kesehatan juga menghambat tugas operasional,” ucap dia.

Sapta memastikan seluruh alutsista dan peralatan yang dimiliki oleh prajurit harus melewati uji kompetisi di laboratorium ini. Sehingga, menurutnya peran Litbang sangat penting di tubuh TNI.

“Kalau masalah valid kami yakin, kami tidak ragu dengan apa yang kami lakukan. Di situ prosedur kami lakukan, sumber daya manusia pun kami jaga dan kami bina yang paling utama,” kata Sapta.

“Yang paling utama adalah integritas di situ karena nilai jual dari laboratorium adalah kendala mutu dan jaminan mutu,” tuturnya.

Editor : Rizal Bomantama

Bagikan Artikel: