Menag : Jokowi Belum Perlu Turun Tangan Lobi Saudi untuk Kepastian Ibadah Haji 2022

Widya Michella ยท Senin, 17 Januari 2022 - 16:57:00 WIB
Menag : Jokowi Belum Perlu Turun Tangan Lobi Saudi untuk Kepastian Ibadah Haji 2022
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas. ( Foto Istimewa).

JAKARTA, iNews.id - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menanggapi pernyataan Anggota Komisi VIII DPR Fraksi PKS, Bukhori Yusuf yang meminta agar ketidakpastian haji dapat langsung dilobi oleh PJoko Widodo terhadap pemerintah Saudi Arabia. 

Menurut Yaqut, hal tersebut belum diperlukan, pasalnya kepastian dengan ada atau tidaknya penyelenggaraan haji pada tahun 2022 menjadi kewenangan dari pemerintah Arab Saudi.

"Kepastian haji ini memang sangat tergantung pada kebijakan pemerintah Arab Saudi, sebagai pengelola jemaah, tentu kita selain bisa berharap dan berdoa kita lakukan pendekatan.  Sebagaimana kita tahu pembukaan-pembukaan haji itu dilakukan secara menyeluruh bukan hanya satu dua negara," ujar Menag dalam rapat kerja bersama komisi VIII DPR yang disiarkan secara daring, Senin,(17/1/2022).

Menag Yaqut juga mengaku sanggup untuk melakukan hubungan diplomasi antar kedua negara, tanpa harus turunnya Presiden Jokowi ke Saudi. "Jadi kalau Presiden turun tangan belum waktunya. Jadi selama kita masih bisa saya kira belum perlulah Presiden,"ujar dia.

Menag mengaku hingga kini terus berkomunikasi dengan pemerintah Saudi Arabia baik secara formal maupun informal. Dia meminta agar semua dapat mendoakan pembukaan ibadah haji 1443H/2022M.

"Kalau minta memastikan tidak ada yang bisa memastikan sampai sekarang. Bahkan saya yakin pemerintah Arab Saudi pun belum memiliki skema untuk haji kita tahu omicron makin banyak kasusnya," ujarnya.

Editor : Faieq Hidayat

Bagikan Artikel: