Mendagri Tito Karnavian Undang Sekjen Parpol, Ini Tiga Isu yang Bakal Dibahas

Felldy Utama ยท Rabu, 08 Januari 2020 - 10:55 WIB
Mendagri Tito Karnavian Undang Sekjen Parpol, Ini Tiga Isu yang Bakal Dibahas

Sekjen DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Arsul Sani. (Foto: iNews.id/Felldy Utama)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengundang sejumlah Sekretaris Jenderal (Sekjen) partai politik di kantor Kemendagri, Rabu (8/1/2020) pagi ini. Sekjen DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Arsul Sani menyebut pertemuan ini akan membahas tiga isu yang menyangkut partai politik.

"Saya menduga, ini baru menduga-duga saja tentu paling tidak ada tiga hal yang akan disinggung atau dibahas," kata Arsul, di Kantor Kemendagri, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (8/1/2020).

Menurut Arsul, isu pertama yang akan diangkat dalam pertemuan ini terkait Undang-Undang (UU) Tentang Partai Politik. Terlebih, belakangan ini berkembang wacana untuk merivisi UU Parpol khususnya menyangkut tentang peningkatan dana bantuan politik (banpol) yang direkomendasikan LIPI dan KPK.

Isu kedua, menurut dia, kemungkinan yang akan dibahas seputar adanya rencana merevisi UU Tentang Pemilihan Umum (Pemilu). Apalagi, kata dia, rencana ini juga sudah masuk ke dalam daftar Program Legislasi Nasional (Prolegnas) DPR Tahun 2020.

"Nah, saya kira kalau kita mulai dengan pembicaraan informal antarpara sekjen yang punya fraksi di DPR ini akan lebih bagus. Paling tidak kita bisa saling tahu posisi awal dari masing-masing partai terkait perubahan UU Pemilu," tuturnya.

Mendagri Tito Karnavian mengundang sejumlah sekjen parpol di Kemendagri, Jakarta, Rabu (8/1/2020). (Foto: iNews.id/Felldy Utama
Mendagri Tito Karnavian mengundang sejumlah sekjen parpol di Kemendagri, Jakarta, Rabu (8/1/2020). (Foto: iNews.id/Felldy Utama

Wakil Ketua MPR itu tak menampik apabila kontestasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak yang dilaksanakan di 270 daerah pada tahun ini menjadi topik yang masuk dalam pembahasan bersama Mendagri. "Saya kira itu di sekitar itu saja," ujarnya.

Berdasarkan pantauan iNews.id, para perwakilan partai politik yang sudah hadir di kantor Kemendagri antara lain, Sekjen PDI-Perjuangan Hasto Kristiyanto, Sekjen Gerindra Ahmad Muzani, Sekjen Demokrat Hinca Pandjaitan, Sekjen PKS Mustafa Kamal, Sekjen PKB Hassanudin Wahid, Sekjen PPP Arsul Sani, Wasekjen Golkar Christina Aryani, Wasekjen PAN Ibnu Bilaludin, Wasekjen Nasdem Hermawi Taslim dan Bendahara Umum Gerindra Thomas Djiwandono.

Sementara pertemuan tersebut berlangsung secara tertutup di Ruang sidang Utama Gedung A Lantai 2 Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Editor : Djibril Muhammad