Mendagri Tito Rangkul KPK untuk Pengawasan Anggaran

Ilma De Sabrini ยท Rabu, 30 Oktober 2019 - 15:57 WIB
Mendagri Tito Rangkul KPK untuk Pengawasan Anggaran

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian. (Foto: ANTARA)

JAKARTA, iNews.id – Menteri Dalam Negri (Mendagri), Tito Karnavian, menggandeng Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk melakukan pengawasan anggaran. Kerja sama ini bertujuan untuk menghindari terjadinya korupsi di tubuh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Hari ini, Mendagri Tito bersama dengan dua pimpinan KPK, Saut Situmorang dan Alexander Marwata, mengadakan pertemuan terkait dengan kerja sama tersebut.

“Pak Alex dan Pak Saud, seperti tim-tim yang lain, Pencegahan khususnya, dalam rangka meningkatkan kerjasama antara Kemendagri dan KPK dalam rangka pengelolaan, pengawasan, pembinaan anggaran negara yang ditansfer ke daerah,” ujar Tito di Jakarta, Rabu (30/10/2019).

Dalam pertemuan tadi, kata Tito, pimpinan KPK memberikan masukan atau saran terkait dengan pengawasan anggaran di Kemendagri, termasuk di daerah-daerah. Mantan kapolri itu mengatakan, saran dari KPK bakal dimasukkan dalam langkah aksi Kemendagri 2020.

“(KPK) memberikan masukan yang sangat penting bagi jajaran Kemendagri nanti akan menjadi salah satu untuk masukan rencana aksi kedepan tahun 2020 khususnya, sehingga kita harapkan masukan yang sangat detail dari KPK ditahun depan, dibulan Desember kita akan melakukan musyawarah mengundang seluruh kepala daerah untuk menyampaikan prioritas-prioritas,” ucap Tito.

Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata mengatakan, ada sejumlah program yang sebelumnya telah dilakukan KPK dengan mantan Mendagri Tjahjo Kumolo dalam upaya pencegahan korupsi. Pihaknya pun berharap Tito dapat melanjutkan, bahkan jika bisa menjadikan program-program itu lebih baik.

“Yang sudah kami lakukan KPK dengan mendagri yang sebelumnya, kami sampaikan ke Pak Tito bahwa program-program KPK bersama mendagri 4 tahun sudah berjalan dengan baik, dan itu nanti kedepan akan terus akan kita teruskan,” ucap Alex.


Editor : Ahmad Islamy Jamil