Menko Airlangga dan Muhadjir Apresiasi Indonesia Awards 2020

Riezky Maulana ยท Jumat, 02 Oktober 2020 - 17:56 WIB
Menko Airlangga dan Muhadjir Apresiasi Indonesia Awards 2020

Juri Kehormatan Indonesia Awards 2020 yakni Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menko PMK Muhadjir Effendy (kiri-kanan) di iNews Tower, Jumat (2/10/2020). (Foto: MNC Media/Aziz Indra).

JAKARTA, iNews.id – Stasiun televisi iNews akan menggelar Indonesia Awards 2020 bertajuk Kebanggaan Indonesia pada 7 Oktober. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto serta Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy didaulat menjadi juri kehormatan bersama Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo.

Airlangga mengapresiasi penyelenggaraan Indonesia Award 2020. Menurut dia, iNews telah berkomitmen mengapresiasi para tokoh dan lembaga pemerintah/nonpemerintah yang berprestasi baik di bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur, ekonomi kreatif, hingga layanan publik.

"Sekarang ini pandemi Covid-19, tentunya apresiasi yang dilakukan oleh iNews dengan memberikan secara konkret penghargaan baik kepada tokoh publik maupun tokoh-tokoh pemerintah sangat baik," tutur Airlangga di iNews Tower, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Jumat (2/10/2020).

Mengenai penjurian, Airlangga mengaku tidak kesulitan dalam menentukan pemenang. Ini karena rekam jejak hampir semua nominee diketahuinya dengan baik. Terlebih, tahap penjaringan dan penilaian telah dilakukan iNews dengan cermat.

"Track record-nya harus jelas. Ini sangat membantu dalam mengambil keputusan, by person, kita hampir tahu semua," katanya.

Muhadjir menyampaikan hal senada. Mantan menteri pendidikan dan kebudayaan ini memuji iNews atas usahanya memberikan apresiasi terhadap para tokoh dan lembaga yang tetap berdedikasi dalam pembangunan negeri di tengah pandemi Covid-19.

Menurut dia, tema Indonesia Awards pada tahun ini sangat tepat, yakni mengacu pada situasi yang sedang dihadapi oleh Indonesia dan dunia, yakni pandemi Covid-19.

Muhadjir juga mengaku tidak kesulitan dalam menentukan siapa yang akan menjadi pemenang. Dalam pandangannya, seluruh nomimee merupakan figur atau lembaga yang sesungguhnya berprestasi dan berdedikasi sehingga layak untuk mendapatkan penghargaan keseluruhan.

“Namun, karena harus dipilih, ditentukan yang terbaik di antara mereka,” kata dia.

Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo mengatakan, Indonesia Awards 2020 ingin memberikan inspirasi bagi masyarakat agar dapat melakukan yang terbaik di bidangnya masing-masing. Tujuannya agar masyarakat dapat bisa mencontoh hal tersebut dan setidaknya dapat membawa Indonesia menjadi lebih baik lagi.

"Jadi tujuan acara ini untuk memberikan inspirasi kepada masyarakat luas dan memberikan apresiasi kepada mereka mereka yang berprestasi," kata Hary.

Indonesia Awards 2020 akan memberikan penghargaan pada tiga kategori utama yaitu Tokoh Publik, Tokoh Profesional dan Penghargaan Khusus di Bidang Kesehatan.

Selain itu, iNews juga akan memberikan apresiasi kepada delapan kategori, yakni bidang pendidikan, kesehatan, infrastuktur, ekonomi kreatif, layanan publik, tata kelola pemerintahan, keterbukaan informasi publik serta tata kelola kota.

Editor : Zen Teguh