Menko Polhukam Mahfud Sebut Kondisi di Papua Aman dan Kondusif

Antara ยท Senin, 02 Desember 2019 - 21:33 WIB
Menko Polhukam Mahfud Sebut Kondisi di Papua Aman dan Kondusif

Menko Polhukam Mahfud MD. (Foto: iNews.id/Wildan Catra Mulia)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Papua beberapa waktu lalu. Kunker tersebut menjelang peringatan hari ulang tahun (HUT) Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Mahfud menjelaskan, kondisi terkini di Papua terpantau aman dan kondusif. Dia mengaku, beberapa aksi kekerasan yang dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di beberapa titik masih tergolong kecil.

"Papua itu kondusif sebetulnya. Memang ada beberapa pelaku kekerasan atau KKB di beberapa titik. Tetapi kan itu beberapa, kecil lah," katanya di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (2/12/2019).

Mahfud sempat menggelar pertemuan dengan tokoh dan perwakilan masyarakat Papua. Dia memastikan pertemuan dengan beberapa tokoh di Papua itu telah mewakili masyarakat.

"Iyalah, mewakili masyarakat. Tidak mewakili separatis," ujar mantan ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini.

Mahfud kembali menegaskan kondisi Papua secara umum baik dan masyarakat juga sudah beraktivitas seperti biasa. "Bagus Papua. Seluruhnya, saya berkeliling di Kota Jayapura, aman, masyarakat senang, seperti biasa saja, duduk-duduk di pinggir jalan," tuturnya.

Sebelumnya, Mahfud bertolak ke Papua untuk bertemu dengan berbagai tokoh, menjelang 1 Desember yang diperingati sebagai HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Di antaranya, Mahfud berdialog dan bertatap muka dengan para tokoh Papua dalam forum komunikasi yang digelar di salah satu hotel ternama di Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura, Sabtu (30/11) pagi.

Para tokoh Papua itu, antara lain Ketua NU Papua Tony Wanggai, Sekjen BMP Papua Yonas Nussy, tokoh pegunungan Briyur Wenda, tokoh perempuan Dorince Mehue, Simon Kossay, dan Markus Giay serta tokoh lainnya.

Selain itu, Mahfud juga bersilaturahim dengan kader, pengurus HMI Jayapura dan KAHMI Provinsi Papua di Distrik Abepura, Kota Jayapura.


Editor : Djibril Muhammad