Mensos Kaji Bansos untuk Warga dengan KTP Luar Jabodetabek

Antara ยท Rabu, 24 Juni 2020 - 10:28 WIB
Mensos Kaji Bansos untuk Warga dengan KTP Luar Jabodetabek

Mensos Juliari Batubara dan Walkot Tangsel Airin Diany (Foto: Istimewa)

TANGERANG SELATAN, iNews.id - Menteri Sosial (Mensos) Juliari P Batubara akan mengkaji penyerahan bantuan sosial (bansos) untuk warga di luar KTP Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). Juliari mengatakan bansos harus diterima secara merata kepada warga yang membutuhkan.

Juliari mengatakan tidak menutup kemungkinan bagi warga dengan KTP di luar Jabodetabek diberi sembako selama dia benar-benar terdampak Covid-19.

"Kami (Kemensos) hanya menganggarkan dan menyalurkan saja, kebetulan karena program ini berlanjut, sampai Desember, kita harapkan yang sudah baik ini pendataannya akan lebih baik lagi, akan lebih tepat lagi," katanya dalam keterangan tertulis, Rabu (24/6/2020).

Juliari sempat memberikan bantuan kepada para warga yang terdampak Covid-19 di Rawa Buntu, Tangerang Selatan, Selasa (23/6/2020). Dia berharap peran aktif pemerintah daerah dalam memberikan data untuk warga yang membutuhkan bansos.

"Prinsipnya, pemerintah daerah yang paling paham kondisi di daerahnya sendiri, siapa yang paling berhak menerima, kondisinya seperti apa," kata Juliari.

Sementara itu, Wali Kota Tangerang Selatan Airin Diany mengatakan pemerintah daerah selalu mengkonfirmasi kebenaran datanya dan mengajukan data penerima tersebut ke pusat. Ketidakkakuan data yang disebut Airin ditunjukkan melalui salah satu warga berKTP di luar Tangsel yang disambangi Mensos.

"Ini contohnya, (penerima) di sini baru kita masukkan karena dia tidak berKTP Tangsel, tapi terdampak, dan kita usulkan, lalu direspon cepat oleh Kemensos," kata dia.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq