Minta Pemuda Bersiap Hadapi Perang Informasi, Gubernur Lemhannas: Jangan Percaya Satu Sumber

Rizal Bomantama ยท Kamis, 28 Oktober 2021 - 19:51:00 WIB
Minta Pemuda Bersiap Hadapi Perang Informasi, Gubernur Lemhannas: Jangan Percaya Satu Sumber
Gubernur Lemhannas, Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo menjadi pembicara dalam Webinar Gebyar Wawasan Kebangsaan yang digelar Kamis (28/10/2021). (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas), Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo meminta masyarakat tidak mudah mengambil kesimpulan hanya dari satu informasi saja di tengah derasnya arus informasi. Dia menegaskan masyarakat harus rajin melakukan verifikasi informasi agar tidak mudah terjebak dalam informasi yang salah.

“Coba cek dengan sumber lain tentang isu yang sama. Apabila ada perbedaan, maka  perlu kita klarifikasi. Cek sumbernya siapa, kredibel atau tidak,” kata Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo pada Webinar Gebyar Wawasan Kebangsaan yang digelar Kamis (28/10/2021).

Agus juga menekankan pentingnya literasi digital dan teknologi. Menghadapi perang informasi di dunia maya, pemuda diminta untuk memahami nilai-nilai dan kearifan lokal bangsa Indonesia. Menurut Agus, ada  nilai  utama yang melatarbelakangi acara ini, yaitu Sumpah Pemuda

"Nilai bahwa negara dan bangsa kita adalah negara dan bangsa berdasarkan kesepakatan,” ucap Agus.

Nilai  berdasarkan kesepakatan ini dapat dilihat dari bahasa Indonesia, bahasa persatuan yang berasal rumpun Melayu, bukan dari bahasa suku terbesar. 

“Bahasa Indonesia yang berasal dari rumpun Melayu bukan berasal dari bahasa suku terbesar. Jika diambil dari suku terbesar maka Jawa adalah bahasa yang disepakati,” ujar Agus.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: