Minta Pendukung Tak Datangi MK, Sandi: Simak Sidang lewat Televisi

Felldy Utama, Antara ยท Sabtu, 15 Juni 2019 - 23:30 WIB
Minta Pendukung Tak Datangi MK, Sandi: Simak Sidang lewat Televisi

Cawapres 02 Sandiaga Salahuddin Uno bertemu Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan di Jakarta, Sabtu (15/6/2019). (Foto: Istimewa).

JAKARTA, iNews.id, - Calon wakil presiden nomor urut 02, Sandiaga Salahuddin Uno kembali meminta para pendukung Prabowo-Sandi untuk tetap tenang dalam mengikuti proses sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2019. Para pendukung juga tidak perlu mendatangi Gedung Mahkamah Konstitusi (MK).

Sandi mengatakan, para pendukung dapat menyimak persidangan dari rumah. Dengan demikian, suasana kondusif juga dapat terus terwujud.

"Bisa menyimak dari rumah melalui media televisi dan media sosial dan pastikan untuk kita melalui proses MK ini dengan aman tentram dan damai," kata Sandiaga usai bertemu Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan di Jakarta, Sabtu (15/6/2019).

Sandi mengapresiasi para pendukungnya yang tidak datang ke MK. Suasana damai mesti terus dijaga karena dunia juga menyoroti peradilan ini.

BACA JUGA: Sandi-Zulhas Bertemu, Bahas Perkembangan Sidang Gugatan Pilpres di MK

Bila ketertiban terwujud, kata Sandi, hal ini bisa memberikan rasa tentram, aman dan adanya kepastian ekonomi dalam dunia usaha.

"Pastikan jangan sampai nanti ada dampak negatif terhadap ketidakpastian untuk sisi ekonomi," ujarnya.

Sebelumnya, calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto lebih dahulu meminta para pendukungnya untuk tidak berbondong-bondong hadir dengan jumlah massa di Mahkamah Konstitusi (MK) yang akan menyidangkan sengketa hasil Pemilu Presiden (Pilpres) 2019.

"Kalau anda mendukung Prabowo-Sandiaga, mohon tidak perlu hadir di sekitar MK," kata Prabowo dalam sebuah rekaman video yang beredar di Jakarta, Selasa (11/6).

Sandi melalui akun media sosial sebelumnya juga menyerukan agar para pendukung tidak mendatangi MK. Mereka diminta tetap tenang dan mengedepankan demokrasi yang sejuk, damai dan selalu berpandangan baik.

”Kita hargai dan kita percayai segala proses hukum yang berjalan. Saya memohon kepada semuanya untuk percaya kepada kami dan juga kepada kinerja para hakim Mahkamah Konstitusi,” kata Sandi melalui Instagram, Kamis (13/6/2019).

BACA JUGA: Tim Hukum Prabowo-Sandi Datangi LPSK

Hal yang sama juga diungkapkan Prabowo. Kepada para pendukungnya, mantan Danjen Kopassus ini mengingatkan agar mereka tidak perlu berbondong-bondong dengan jumlah massa besar untuk menghindari fitnah dan provokator.

Prabowo percaya pada Hakim MK. Apapun keputusannya harus disikapi dengan dewasa, tenang, berpikir untuk kepentingan bangsa dan negara.


Editor : Zen Teguh