Moeldoko Sebut Pemerintah Belum Keluarkan Travel Warning ke China Terkait Virus Corona

Antara ยท Jumat, 24 Januari 2020 - 15:05 WIB
Moeldoko Sebut Pemerintah Belum Keluarkan Travel Warning ke China Terkait Virus Corona

Kepala Staf Presiden Moeldoko. (Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay).

JAKARTA, iNews.id - Kantor Staf Presiden (KSP) menyatakan pemerintah Indonesia sejauh ini belum mengeluarkan travel warning atau peringatan perjalanan bagi warga negara Indonesia (WNI) ke China terkait virus Corona. Kepala KSP, Moeldoko mengatakan pemerintah Indonesia masih mengupayakan tindakan preventif lainnya.

"Belum, dari kita belum ada travel warning," katanya di Kompleks Istana Kepresidenan," Jumat (24/1/2020).

Dia mengatakan tindakan preventif yang dilakukan adalah memasang thermal scanner di pintu masuk ke dalam negeri seperti bandara dan pelabuhan. Upaya itu menurutnya sudah dilaksanakan Kementerian Kesehatan.

BACA JUGA: AS Keluarkan Peringatan Perjalanan ke China

BACA JUGA: Virus Corona Diduga Berasal dari Kelelawar, Warga Manado Tetap Doyan Santap Paniki

"Kemarin saya sudah minta Menkes agar jangan sampai kecolongan. Sudah ada upaya-upaya preventif di pintu masuk," ucapnya.

Mantan panglima TNI itu mengaku tetap ada kekhawatiran terhadap WNI yang bepergian ke China. "Tapi saya kira WNI di China dapat mengantisipasi secara baik melalui informasi-informasi yang beredar," ujarnya.

Sementara itu pemerintah Amerika Serikat sudah mengeluarkan peringatan perjalanan ke China terhadap warganya. Pemerintah AS mengeluarkan peringatan level 3 atau waspada, yaitu hindari perjalanan non-darurat sebagai tindak lanjut dari wabah Corona yang teridentifikasi pertama kali di Wuhan, China.

Editor : Rizal Bomantama