Momen KSAD Jenderal Andika Perkasa Coba VSAT Manpack, Alat Komunikasi Canggih TNI AD

Riezky Maulana · Sabtu, 25 September 2021 - 06:51:00 WIB
Momen KSAD Jenderal Andika Perkasa Coba VSAT Manpack, Alat Komunikasi Canggih TNI AD
Kepala Staf TNI AD Jenderal Andika Perkasa melihat jaringan komunikasi VSAT (Very Small Aperture Terminal) Manpack di Batalyon Pushubad. (Foto: TNI AD)

JAKARTA, iNews.id - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa berkesempatan hadir di Batalyon Pushubad di Depok, Jawa Barat untuk melihat kesiapan penggunaan VSAT Manpack oleh para prajurit TNI AD. VSAT Manpack atau Very Small Aperture Terminal merupakan perangkat satelit dengan jangkauan tidak terbatas yang dapat dibawa dan mudah diinstalasi.

Alat itu dapat menjangkau daerah terluar, terdepan bahkan tertinggal di wilayah Indonesia. Perangkat ini juga dilengkapi auto track system sehingga dapat mendeteksi satelit secara otomatis.

KSAD mendapat laporan pelaksanaan pelatihan VSAT Manpack kepada 30 personel. Pelatihan meliputi keseluruhan sistem untuk melakukan instalasi VSAT Manpack yang terdiri atas outdoor unit dan indoor unit. 

Pada outdoor unit terdapat antenna, BUC (Block Up Converter) yang mengantarkan sinyal informasi ke satelit, dan LNB (Low Noise Block) yang menerima sinyal informasi dari satelit.

Sedangkan untuk indoor unit terdapat modem dan IFL (Inter Facility Link), dan dilengkapi dengan laptop. Untuk penunjang daya dapat menggunakan genset, baterai, atau solar cell atau panel surya. 

KSAD juga mencoba berkomunikasi menggunakan VSAT Manpack dengan daerah yang sebelumnya sulit dijangkau dengan komunikasi. Salah satunya Distrik Eragayam di Papua.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: