Mudik Bareng BUMN 2019 Dibuka, Ini Rinciannya

Diaz Abraham ยท Jumat, 10 Mei 2019 - 19:19 WIB
Mudik Bareng BUMN 2019 Dibuka, Ini Rinciannya

Menteri BUMN Rini S Sumarno didampingi Dirut Jasa Raharja Budi Rahardjo saat meninjau suasana verifikasi data pemudik yang akan ikut dalam kegiatan Mudik Bareng BUMN 2019. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Menyambut Ramadan, Kementerian BUMN mengadakan acara Mudik Bareng BUMN 2019 yang diikuti oleh sejumlah kalangan masyarakat. Hal ini menjadi bukti Kementerian BUMN turut serta menyambut kedatangan bulan penuh berkah ini.

Dalam kegiatan yang berlangsung pada Jumat (10/5/2019), peserta mudik bareng ini akan melakukan verifikasi data bagi calon pemudik yang akan dilakukan oleh Jasa Raharja selaku Ketua Satgas Mudik Bareng BUMN dari 7 hingga 11 Mei 2019.

Menteri BUMN Rini S Sumarno didampingi oleh Direktur Utama Jasa Raharja Budi Rahardjo S meninjau langsung proses verifikasi data tersebut. Dalam sambutannya, dia menyebut bila tahun ini Mudik Bareng BUMN 2019 akan diikuti oleh 104 BUMN, hal ini meningkat 67,74 persen dibanding sebelumnya.

Rini menambahkan, bila kegiatan mudik bareng ini diharapkan dapat mengurangi pemudik dengan kendaraan bermotor, sehingga dapat menekan angka kecelakaan di jalan. Selain itu, dapat mengakomodir masyarakat kelas menengah ke bawah untuk pulang ke kampung halaman.

Pada 2019, target pemudik yang akan diberangkatkan sejumlah 250.338 pemudik atau naik sebesar 22,32 persen dibandingkan realisasi pemudik pada 2018 sebesar 204.146 pemudik dengan rincian, moda bus sebanyak 3.897 unit dengan 180.609 pemudik, kapal laut dengan 138 trip untuk mengakomodir 52.231 pemudik, kereta api sebanyak 49 rangkaian dengan 15.693 pemudik, pesawat udara 76 penerbangan dengan 1.805 pemudik.


Pelaksanaan pada tahun ini dilakukan tersebar di seluruh wilayah Indonesia dengan titik keberangkatan sebanyak 70 kota (31 kota di Pulau Jawa dan 39 kota di luar Pulau Jawa) dengan 155 kota tujuan (62 kota di Pulau Jawa dan 93 kota di luar Pulau Jawa).

Sinergi penyelenggaraan kegiatan BUMN Mudik Bareng termasuk sarana penunjang kegiatan, antara lain pengadaan transportasi bus dengan Damri, transportasi kapal laut dengan Pelni dan ASDP, transportasi kereta api dengan KAI.

“Data yang kami terima sampai saat ini masing-masing BUMN dalam tahap proses pendaftaran dan pemenuhan kelengkapan dokumen pemudik, khusus untuk mudik yang dikelola Jasa Raharja, verifikasi pendaftaran dilakukan pada 7 sampai dengan 11 Mei 2019 bertempat di Gedung Nyi Ageng Serang. Setiap hari akan dilakukan verifikasi terhadap 2.000 sampai 2.500 KK atau sekitar 8.000 pemudik, serta membagikan perlengkapan pemudik berupa kaus, topi, asuransi selama berada di kampung halaman 24 jam selama tujuh hari,” kata Budi Rahardjo dalam kegiatan tersebut.

Sementara untuk goodie bag, lanjutnya, akan diberikan saat seremonial. “Goodie bag yang berisi snack dan obat-obatan ringan akan dibagikan saat seremonial keberangkatan akan dilaksanakan di Gelora Bung Karno pada 30 Mei 2019 yang dihadiri oleh 56 BUMN,” ucapnya.

Agar pemudik makin merasa nyaman, Jasa Raharja memberi syarat terkait kondisi bus yang disertakan mengangkut pemudik, antara lain bus yang digunakan adalah bus pariwisata minimal tahun 2013 dalam kondisi baik dan laik jalan, bus telah lulus rampcheck, bus dilengkapi dengan alat-alat keselamatan.

Syarat lainnya yakni pengemudi diketahui jelas identitasnya, telah dipastikan laik mengemudi dengan melalui tes kesehatan dan tes narkoba, serta tersedia pengemudi cadangan untuk rute perjalanan jarak jauh. Ketersediaan bus cadangan serta monitoring bus sampai tujuan juga dilakukan.

Dalam menyambut bulan suci Ramadan dan Lebaran 1440 H sebagai bentuk kehadiran BUMN di tengah masyarakat, program sinergi BUMN tidak terbatas pada program Mudik Bareng. Pada hari ini, beberapa BUMN akan memberikan bantuan kepada masyarakat yang hadir dalam kegiatan tersebut.


Editor : Donald Karouw