Mustika Rasa Resep Masakan Soekarno, Puan : Orang Nggak Bisa Masak Jadi Bisa Masak

Felldy Utama · Minggu, 26 Juni 2022 - 07:20:00 WIB
Mustika Rasa Resep Masakan Soekarno, Puan : Orang Nggak Bisa Masak Jadi Bisa Masak
Ketua DPR Puan Maharani memasak ikan bakar di JCC Senayan, Jakarta, Sabtu (25/6). (Foto ist).

JAKARTA, iNews.id - Presiden Soekarno membuat resep masakan Nusantara untuk melestarikan kekayaan resep kuliner Indonesia. Resep masakan tersebut menjadi buku bernama Mustika Rasa.

Ketua DPR Puan Maharani mengatakan buku tersebut bermanfaat untuk generasi penerus bangsa. Menurut dia, buku Mustika Rasa membuat orang bisa memasak kuliner khas Nusantara. 

“Beliau Bung Karno menginisiasi pengumpulan berbagai resep kuliner dari berbagai daerah dan dijadikan dalam satu buku Mustika Rasa. Kalau kita lihat buku Mustika Rasa, itu komplit banget. Yang nggak bisa masak juga jadi bisa masak,” ungkap Puan di Jakarta, Sabtu (25/6/2022).

Hal itu disampaikan Puan saat membuka Festival Bakar Ikan Nusantara dan Sajian Kuliner Nusantara 'Mustika Rasa' yang diselenggarakan PDI Perjuangan (PDIP). 

Festival kuliner nusantara yang digelar dalam rangkaian Bulan Bung Karno (BBK) 2022 tersebut dilangsungkan di JCC Senayan, Jakarta, Sabtu (25/6). 

Dalam kesempatan itu, Puan ikut membakar ikan sajian nusantara. Ikan yang dibakar Puan lalu dinikmati kader PDIP dan masyarakat yang hadir di lokasi acara.

Puan mengatakan dirinya sangat menghargai sajian nusantara. Oleh karena itu, di setiap kunjungan kerjanya ke berbagai kota/kabupaten selalu mencari makanan khas daerah tersebut.

“Mau jualannya itu di pinggir jalan, di samping sungai, atau di gang-gang, kalau makanannya enak pasti saya kejar. Kalau nggak bisa makan di tempat ya saya bungkus,” kata Puan.

Puan menjelaskan, festival kuliner nusantara sebagai penegasan betapa pentingnya menjalankan ketahanan pangan. Menurutnya, ketahanan pangan penting untuk mengantisipasi ancaman krisis pangan global yang salah satunya disebabkan oleh konflik Rusia-Ukraina.
 
"Saya tanya kenapa bikin acara resep Mustika Rasa dan bakar ikan bersama? Karena apa? Sekarang itu ketahanan pangan, kedaulatan pangan, penting sekali, apalagi di saat perang Rusia dan Ukraina ini," ungkap Puan.

Editor : Faieq Hidayat

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda