Mutasi Polri, 7 Pejabat BNN Jadi Jenderal Bintang Satu

Irfan Ma'ruf ยท Kamis, 24 Oktober 2019 - 19:01 WIB
Mutasi Polri, 7 Pejabat BNN Jadi Jenderal Bintang Satu

Mantan Kapolri Jenderal Pol (Pur) Tito Karnavian mengikuti pelantikan sebagai mendagri di Istana, Jakarta, Rabu (23/10/2019). Di hari terakhir sebagai kapolri, Tito memutasi dan rotasi 351 pamen/pati Polri. (Foto: Antara/Wahyu Putro).

JAKARTA, iNews.id – Tujuh perwira menengah Polri yang bertugas di Badan Narkotika Nasional (BNN) mendapatkan promosi kenaikan pangkat menjadi perwira tinggi. Dalam mutasi berdasarkan surat telegram (ST) kapolri, kini mereka menjadi jenderal bintang satu atau brigadir jenderal (brigjen).

Tujuh pamen yang mendapatkan promosi ini merupakan bagian dari mutasi besar-besaran di lingkungan Polri yang dilakukan di hari terakhir Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian. Tito selanjutnya dipercaya Presiden Joko Widodo sebagai menteri dalam negeri.

Melalui Surat Telegram Kapolri Nomor ST/2851/X/Kep/2019 tertanggal 21 Oktober 2019, sembilan pamen Bareskrim Polri berpangkat komisaris besar (kombes) polisi yang bertugas di BNN, dimutasi dengan penugasan tetap di BNN.

BACA JUGA: Mutasi Polri, 3 Jenderal Ditugaskan Bantu Menko Polhukam Mahfud MD

Tujuh pejabat BNN tersebut yaitu Brigjen Pol Gde Sugianyar Dwi Putra, Brigjen Pol Atrial, Brigjen Pol Haribertus Dahana Resmiwara, Brigjen Pol Imam Sumantri, Brigjen Pol Leo Bona Lubis, Brigjen Pol Tantan Sulistyana, dan Brigjen Pol Lutfi Djusnir.

Secara keseluruhan terdapat 351 pamen dan pati Polri yang dimutasi di hari terakhir Tito menjabat sebagai kapolri tersebut. Di jajaran pati, mereka yang berganti jabatan antara lain Gubernur Akpol Irjen Pol Ahmadi Juri yang dimutasi sebagai Analis Utama Kebijakan Lemdiklat Polri.

Kapolri selanjutnya menunjuk Brigjen Pol Fiandar yang saat ini menjabat Karobindiklat Lemdiklat Polri. Dengan naik jabatan sebagai Gubernur Akpol, Fiandar bakal jadi jenderal bintang dua.

Selain itu Kakorpolairud juga berganti kepemimpinan. Brigjen Pol Lotharia Latif dari Dirpolair Korpolairud Baharkam Polri dipercaya sebagai Kakorpolairud menggantikan Irjen Pol Zulkarnain yang dimutasi sebagai Pati Baharkam Polri dalam rangka pensiun.

Dengan demikian, Lotharia Latif juga bakal naik sebagai bintang dua. "Dimohon kepada jenderal agar memerintahkan para Pati/Pamen Polri tersebut segera menyesuaikan dan melaksanakan tugas," bunyi Surat Telegram tersebut dikutip Kamis (24/10/2019).


Editor : Zen Teguh