Nadiem Makarim Soal Kekerasan Seksual di Kampus: Ini Wabah Luar Biasa Parah

Antara ยท Jumat, 21 Februari 2020 - 16:08 WIB
Nadiem Makarim Soal Kekerasan Seksual di Kampus: Ini Wabah Luar Biasa Parah

Mendikbud, Nadiem Makarim. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Kekerasan seksual di kampus menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim sudah menjadi wabah yang mengkhawatirkan. Hal itu disampaikan Nadiem menanggapi terjadinya kekerasan seksual di sejumlah kampus di Indonesia dalam beberapa waktu terakhir.

Nadiem mengatakan perlu ketegasan dan penegakan hukum untuk mengatasi masalah itu. Dia meminta waktu untuk bisa mengatasi hal tersebut.

"Penegasan dan penegakan harus benar-benar diterapkan untuk mengatasi masalah itu. Tapi kami minta waktu untuk menemukan jalan keluarnya, ini sudah menjadi wabah yang luar biasa parah," kata Nadiem di Jakarta, Jumat (21/2/2020).

Dia menjelaskan Kemendikbud terus berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga negara lainnya untuk mencari solusi masalah tersebut. Masyarakat juga akan dilibatkan untuk memberantasnya.

Mantan bos Gojek itu mengatakan ada tiga dosa di dunia pendidikan yang tak bisa ditoleransi. Yaitu intoleransi, kekerasan seksual, dan perundungan.

"Tiga kartu merah untuk perbuatan-perbuatan itu. Untuk menghadapinya tidak hanya perlu imbauan dan latihan penguatan karakter. Tetapi harus ada tindakan tegas," ucapnya.

Sebelumnya diberitakan terjadi kekerasan seksual di sejumlah kampus di Indonesia. Seperti yang terjadi di Padang, Gorontalo, dan Yogyakarta.

Editor : Rizal Bomantama