Pandemi Covid-19, Jokowi Minta Pramuka Buat Dua Gerakan Nasional

Dita Angga, Sindonews ยท Rabu, 12 Agustus 2020 - 19:08 WIB
Pandemi Covid-19, Jokowi Minta Pramuka Buat Dua Gerakan Nasional

Presiden Jokowi menyampaikan sambutan dalam peringatan Hari Pramuka di Istana Negara, Rabu (12/8/2020). Acara digelar secara virtual. (Foto: Setkab).

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Pramuka membuat dua gerakan nasional. Gerakan tersebut sangat diperlukan di tengah pandemi Covid-19.

Dalam peringatan Hari Pramuka di Istana Negara, Jokowi menyebut Pramuka sebagai sebuah gerakan selalu mencetak generasi tangguh dan disiplin. Ketangguhan ini diperlukan sekarang ini dalam menghadapi wabah virus corona.

“Di era pandemi Covid-19 yang berat sekarang ini jiwa dan karakter seperti itulah yang kita butuhkan. Kita disiplin mengikuti protokol kesehatan, disiplin memakai masker, disiplin jaga jarak dan mengajak semua lapisan masyarakat untuk bersama-sama disiplin melaksanakannya,” kata Jokowi.

Tidak hanya itu, gerakan Pramuka yang mengedepankan kepedulian juga sangat relevan di tengah pandemi. Wabah Covid-19 telah mengakibatkan krisis kesehatan dan krisis ekonomi.

Menurut Kepala Negara, setiap orang harus selalu peduli terhadap masyarakat sekitar dan kepentingan. Untuk itu, semua harus saling membantu dan bergotong royong dalam menyelesaikan masalah bersama.

Jokowi meyakini jika karakter disiplin dan peduli dijalankan, penyebaran Covid-19 dapat terhambat dan risiko-risikonya terkurangi. Dia pun secara khusus meminta Pramuka membuat dua gerakan nasional.

Pertama, gerakan kedisiplinan nasional. Jokowi meminta agar seluruh anggota Pramuka Indonesia dapat turut serta mengajak semua anggota masyarakat untuk disiplin mengikuti protokol kesehatan. Kedua, gerakan kepedulian nasional yang mengajak masyarakat untuk saling membantu, peduli, dan saling berbagi.

"Dua gerakan ini bukan hanya untuk membantu penanganan masalah nasional akibat pandemi, tetapi juga akan semakin mengasah jiwa dan karakter kepemimpinan Saudara-Saudara dalam memperdalam jiwa pramuka sejati sebagaimana tertuang dalam Dwidarma, Trisatya, dan Dasadarma Pramuka," kata dia.

Editor : Zen Teguh