Panen Kritik usai Terbitkan Instruksi untuk Kepala Daerah, Mendagri Dibela Pakar Hukum

Riezky Maulana ยท Minggu, 22 November 2020 - 22:10 WIB
Panen Kritik usai Terbitkan Instruksi untuk Kepala Daerah, Mendagri Dibela Pakar Hukum

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. (Foto: Antara).

JAKARTA, iNews.id – Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menuai kritik usai menerbitkan Instruksi Nomor 6 Tahun 2020 tentang Penegakan Protokol Kesehatan untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19. Namun sejumlah kalangan membela Mendagri dan menyatakan instruksi tersebut dinilai tepat di tengah krisis pandemi.

Pakar Hukum Tata Negara dari Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), Salatiga, Umbu Rauta mengatakan, Instruksi Mendagri tersebut merupakan penegasan terhadap kewajiban para kepala daerah, yakni gubernur, bupati dan walikota untuk menjalankan dan menegakkan ketentuan peraturan perundang-undangan.

"Instruksi Mendagri ini sangat tepat diterbitkan di tengah krisis pandemi sekarang," kata Umbu melalui keterangan pers yang diterima Minggu (22/11/2020).

Penyandang gelar doktor hukum dari Universitas Diponegoro ini menuturkan, terdapat tujuh peraturan perundang-undangan yang menjadi rujukan Instruksi Mendagri yang relevan terhadap pencegahan Covid-19. Peraturan tersebut mengonfirmasi pemahaman yang sangat tepat dan produktif dari Mendagri selaku pembantu Presiden di dalam pengembangan hubungan Pusat-Daerah sesuai konstitusi.

Menurut dia, langkah tegas demikian dibutuhkan untuk meningkatkan efektivitas pemerintahan daerah sesuai semangat sistem presidensial.

Mendagri menerbitkan Instruksi 6/2020 mengenai pencegahan dan pengendalian Covid-19. Instruksi ini menjadi polemik karena diterbitkan bersamaan dengan momen Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diklarifikasi Polri terkait kerumunan di Petamburan.

Editor : Zen Teguh

Halaman : 1 2 3 Tampilkan Semua