Panglima: TNI Siap Dukung Pengamanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020

iNews.id · Jumat, 13 Desember 2019 - 11:00:00 WIB
Panglima: TNI Siap Dukung Pengamanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. (Foto: Puspen TNI)

JAKARTA, iNews.id – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyatakan kesiapan instansinya untuk mendukung pengamanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Menurut dia, kebijakan pada tahun-tahun sebelumnya dapat menjadi modal bagi TNI dan Polri dalam mengamankan hari libur nasional tersebut.

“Dalam pengamanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, kita dapat merujuk pada pengamanan Tahun 2018, bahwa masing-masing instansi telah mengetahui titik-titik kritis sesuai dengan bidang tugasnya masing-masing,” ujar Panglima Hadi saat menghadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Bidang Operasional Tahun 2019 dalam rangka Persiapan Operasi Lilin 2019 di Auditorium STIK/PTIK, Jakarta Selatan, Jumat (13/12/2019).

TNI menerjunkan 17.190 prajurit di seluruh Indonesia dalam Operasi Lilin 2019. Dia berharap agar setiap pihak berbagi informasi agar dapat mengantisipasi dan saling mendukung sehingga kegiatan pengamanan tersebut dapat berjalan dengan baik.

Hadi menuturkan, Hari Natal dan Tahun Baru tentunya akan melibatkan pergerakan masyarakat dan kendaraan dalam jumlah cukup besar. Karenanya, dibutuhkan pelayanan publik di setiap wilayah dan tentunya jaminan keamanan yang prima. Dengan demikian, sudah seharusnya semua pihak mewaspadai dan mempersiapkan segala sesuatu sesuai bidang tugas masing-masing.

“Selanjutnya tiap bidang perlu untuk berkoordinasi dengan instansi lainnya agar dapat saling mendukung, melengkapi dan bertukar informasi,” ucap panglima.

Dia mengingatkan, dalam pengamanan dua hari libur tersebut, yang patut diperhatikan juga adalah bukan sekadar mengamankan masyarakat, tetapi juga mengamankan petugas-petugas yang ditempatkan di lapangan. Dia pun berpesan kepada siapa saja yang melihat sesuatu yang mencurigakan, segera memberitahukannya kepada orang lain, khususnya aparat terkait.

“TNI akan senantiasa siap untuk memberikan bantuan dan dukungan, baik personel maupun alutsista sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan yang dimiliki satuan-satuan yang sudah tergelar di tiap-tiap wilayah, guna suksesnya Peringatan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020,” tutur Panglima Hadi.

Rapat koordinasi hari ini dihadiri oleh Menko Polhukam, Mahfud MD; Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi; Kapolri Jenderal Pol Idham Azis, dan; Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati. Berikutnya, ada kepala Basarnas, dirjen Yankes Kemenekes, sestama BNPB, dirut Pertamina, dirut Jasa Marga, dirut Jasa Raharja, Vice President Security Operation PT KAI, beserta segenap pejabat TNI dan Polri.


Editor : Ahmad Islamy Jamil