Para Tahanan Dapat Vaksin Covid, Ketua KPK: Kami Wajib Jaga Keselamatan Setiap Orang

Faieq Hidayat ยท Kamis, 25 Februari 2021 - 17:31:00 WIB
Para Tahanan Dapat Vaksin Covid, Ketua KPK: Kami Wajib Jaga Keselamatan Setiap Orang
Ketua KPK Firli Bahuri. (Foto Antara).

JAKARTA, iNews.id - Ketua KPK Firli Bahuri menjelaskan para tahanan divaksinasi Covid-19. Alasannya KPK melindungi dan menjaga keselamatan setiap orang, termasuk tahanan. 

"Kami sangat memahami atas beberapa respons tersebut, tapi kami juga berkewajiban untuk menjaga keselamatan jiwa setiap orang termasuk tahanan," kata Firli menanggapi kritikan tahanan divaksinasi di Jakarta, Kamis (25/2/2021). 

Dalam amanat pembukaan UUD 45, kata dia negara bertugas untuk memberikan perlindungan kepada segenap bangsa indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia. Terkait itulah KPK melaksanakan vaksinasi dengan kerja sama dengan Komite Penanganan  Covid-19 untuk seluruh insan KPK dan para pihak yang berinteraksi dalam lingkungan KPK.

"Mari kita pahami bersama bahwa sampai dengan hari ini kasus positif Covid-19 tahanan KPK cukup tinggi, yaitu 20 dari total 64 orang tahanan (31 persen) dan bahkan ada pegawai sampai meninggal dunia," kata dia.

Menurut dia, tahanan KPK rentan tertular virus corona karena banyak berhubungan dengan berbagai pihak. Di antaranya petugas Rutan, penyidik, keluarga tahanan, kuasa hukum, dan pihak-pihak terkait lainnya. Tujuan vaksinasi ini dalam rangka penanganan pandemi Covid-19.

"KPK melaksanakan vaksinasi Covid-19 bagi seluruh pegawainya, termasuk pihak-pihak yang terkait diantaranya petugas kantin, petugas keamanan dan kebersihan, jurnalis, tahanan dan pihak lain yang beraktivitas di lingkungan KPK," kata dia.

Editor : Faieq Hidayat

Halaman : 1 2