PBNU Gelar Rakernas di Tasikmalaya, Bahas Program Kerja hingga Kerja Sama

Widya Michella Nur Syahid ยท Kamis, 24 Maret 2022 - 10:55:00 WIB
PBNU Gelar Rakernas di Tasikmalaya, Bahas Program Kerja hingga Kerja Sama
Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf menggelar Rakernas PBNU. (Foto MNC Portal).

JAKARTA, iNews.id - Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf bersama jajarannya akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Pondok Pesantren Cipasung, Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, pada Kamis-Jumat, 24-25 Maret 2022. Dalam rapat tersebut juga akan membahas program kerja PBNU periode 2022-2027.

"Agenda Rakernas ini untuk membahas dan menetapkan program kerja PBNU 2022-2027, meliputi program secara keseluruhan, baik bidang-bidang, lembaga, dan badan khusus yang berada di bawah PBNU,” ucap Ketua Panitia Pelaksana Rakernas PBNU H Amin Said Husni, dikutip dalam laman resmi NU Online, Kamis (24/3/2022).

Sesuai amanat dari Anggaran Dasar NU Bab XXIII Pasal 89 tentang Rapat-Rapat terdapat empat ayat yang menjelaskan tentang pelaksanaan Rakernas PBNU. Pertama, Rakernas dihadiri oleh pengurus lengkap syuriyah dan tanfidziyah, pengurus harian lembaga dan badan khusus.

Kedua, Rakernas membicarakan perencanaan, penjabaran, dan pengendalian operasional keputusan-keputusan muktamar. Ketiga, Rakernas diadakan satu kali dalam setahun. 

Serta Keempat, Rakernas yang pertama diadakan selambat-lambatnya tiga bulan setelah muktamar. Berikut jadwal lengkap Rakernas PBNU: 

Pada Kamis, (24/3/2022) pukul 
13.00 WIB hingga 18.00 WIB, panitia akan menerima kedatangan peserta Rakernas. Seluruh peserta, dalam waktu itu, akan melakukan check in di hotel yang telah disediakan di Kota Tasikmalaya. 

Kemudian pukul 18.00 hingga 19.00 WIB, peserta diberikannya waktu untuk melakukan perjalanan dari hotel di Kota Tasikmalaya menuju Pondok Pesantren Cipasung, Kabupaten Tasikmalaya.

Setibanya di lokasi, pukul 19.00 sampai 19.30 WIB, peserta melakukan registrasi. Selanjutnya, agenda Rakernas akan dibuka oleh Rais ‘Aam PBNU KH Miftachul Akhyar, di Aula Pondok Pesantren Cipasung dan seluruh rangkaian acara Rakernas dijadwalkan akan berlangsung pada pukul 19.30 hingga 23.00 WIB.

Pada rangkaian acara pembukaan itu, akan digelar dua agenda yakni penandatangan nota kesepahaman (MoU) antara PBNU dengan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas, serta pengukuhan pengurus lembaga dan badan khusus PBNU. 

Setelah digelarnya acara pembukaan, peserta dipersilakan kembali ke hotel untuk beristirahat dan agenda Rakernas dilanjut keesokan harinya pada Jumat,(25/03/2022).

Pada Jumat (25/3/2022), rangkaian kegiatan dimulai pukul 07.00 hingga 08.00 WIB, peserta akan melakukan perjalanan dari hotel menuju lokasi Rakernas di Pesantren Cipasung. Lalu pukul 08.00 sampai 17.00 WIB, peserta Rakernas akan melaksanakan sidang-sidang pembahasan dan penetapan program kerja PBNU. 

Sementara sidang-sidang lanjutan akan dilangsungkan pada malam harinya, yakni pukul 20.00 hingga 22.00 WIB. 

Untuk agenda penutupan Rakernas PBNU akan berlangsung pada pukul 22.00 sampai 23.00 WIB yang elanjutnya, peserta dapat kembali ke hotel. Pada hari terakhir Sabtu (26/3/2022), peserta diperkenankan untuk check out dari hotel dan pulang ke daerah masing-masing

Seperti diketahui, sebelum menggelar Rakernas 2022 ini, PBNU telah melaksanakan agenda konsinyasi atau penyelasaran materi rencana program kerja, dari masing-masing bidang di bawah koordinasi empat wakil ketua umum PBNU, pada 14-15 Maret 2022 di Hotel Bidakara Jakarta. 

Selain itu, PBNU juga telah menetapkan jajaran pengurus lembaga dan badan khusus dalam rapat gabungan syuriyah-tanfidziyah, di Kampus B Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (Unusia), Parung, Bogor, Jawa Barat, pada 9 Maret 2022 lalu.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda