PDIP Sebut Puan Maharani Calon Kuat Ketua DPR

Abdul Rochim ยท Jumat, 17 Mei 2019 - 08:05 WIB
PDIP Sebut Puan Maharani Calon Kuat Ketua DPR

Menko PMK Puan Maharani memimpin rapat koordinasi kementerian beberapa waktu lalu. (Foto: Koran SINDO/dok).

JAKARTA, iNews.id, – Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani dipastikan melenggang mulus ke Senayan sebagai anggota DPR periode 2019-2024 dari Fraksi PDI Perjuangan. Puan meraup 404.304 suara dalam Pemilu 2019 di Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Tengah V yang mencakup Kabupaten Boyolali, Klaten, Sukoharjo, dan Kota Solo.

Perolehan signifikan juga diraup PDIP. Hasil rekapitulasi suara sementara yang dilakukan Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN) DPP PDIP menunjukkan partai kepala banteng ini menjadi pemenang pemilu dengan perolehan 133 kursi. Jumlah itu naik drastis dari periode sebelumnya yang hanya mendapatkan 109 kursi.

Mengacu pada Undang-Undang (UU) Nomor 2 Tahun 2018 tentang Perubahan Kedua Atas UU Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD (MD3), kursi pimpinan dewan diduduki oleh parpol pemenang pemilihan umum (pemilu).

BACA JUGA: Parpol Koalisi Jokowi Bakal Kuasai Pimpinan DPR

Politikus PDIP Charles Honoris mengatakan, Puan Maharani memiliki kompetensi yang memadai sebagai ketua DPR. Sebab, sebelum menjabat sebagai Menko PMK, Puan juga sudah kenyang pengalaman sebagai anggota DPR.

”Kalau bicara kapasitas Mbak Puan sangat mumpuni. Mbak Puan sudah beberapa kali sebagai anggota DPR. Beliau juga menjabat sebagai menteri koordinator yang membawahi beberapa kementerian. Jadi ya sudah sangat layak kalau sebagai ketua DPR,” tutur Charles di Jakarta, Kamis (16/5/2019).

Senada dengan Charles Honoris, Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno juga mengatakan bahwa Puan Maharani merupakan calon terkuat ketua DPR dari PDIP. "Mbak Puan memenuhi kriteria sebagai ketua DPR," ujar ekonom ini.

Menurut Hendrawan, Puan kaya akan pengalaman baik di legislatif, eksekutif, maupun di struktur partai. Saat ini, Puan menjabat sebagai Menko PMK. Di partai, anak dari Megawati Soekarnoputri ini menjadi Ketua Bidang Politik dan Hubungan Antarlembaga DPP PDIP. Di DPR, Puan pernah menjabat sebagai Ketua Fraksi PDIP.

BACA JUGA: Beri Kuliah Umum, Menko Puan Ingin Seskoal Ikut Bangun SDM Maritim

Hendrawan mengatakan, dengan dipimpin perempuan, DPR diharapkan lebih teduh, aspiratif, dan diharapkan lebih produktif dalam menjalankan tupoksinya.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, sesuai perolehan suara, partainya akan mendapat jatah sebagai ketua DPR. Menurut dia, partai Koalisi Indonesia Kerja (KIK) akan menguasai pimpinan DPR. "

Kendati demikian Sekretaris TKN Jokowi-Ma'ruf ini mengatakan bahwa sekarang bukan waktu tepat untuk mengumumkan nama calon ketua DPR. Prinsipnya, PDIP akan mencalonkan yang terbaik.

”Yakni yang punya pengalaman panjang, tidak hanya di partai, tapi juga di legislatif dan pengalaman lainnya, serta bisa menjadi mitra sangat baik bagi kepemimpinan Jokowi kedepan," ucap dia.


Editor : Zen Teguh