Pegawai KPK yang Tak Lolos TWK Akan Lapor ke Komnas HAM, Ini Alasannya

Arie Dwi Satrio ยท Senin, 17 Mei 2021 - 10:58:00 WIB
Pegawai KPK yang Tak Lolos TWK Akan Lapor ke Komnas HAM, Ini Alasannya
Gedung KPK. (Foto: Ilustrasi/Ist)

JAKARTA, iNews.id - Sebanyak 74 pegawai yang dinyatakan tidak lolos Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dalam rangka alih status menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) bakal melapor ke Komnas Hak Asasi Manusia (HAM) dan Komnas Perempuan. Rencana itu disiapkan salah satu pegawai KPK Tata Khoiriyah dan para pegawai lainnya.

Tata Khoiriyah menilai materi pertanyaan dalam tes wawasan kebangsaan janggal. Utamanya, terkait materi pertanyaan yang dianggap ada unsur melecehkan perempuan.

"Bagaimana dengan twit saya kemarin tentang pengalaman aneh yang dirasakan oleh rekan-rekan saya? Setelah mempertimbangkan matang-matang baik dari segi hukum, keamanan & mitigasi risiko, pengalaman tidak menyenangkan itu kami dorong untuk dilaporkan ke pihak berwenang seperti Komnas HAM & Komnas Perempuan," kata Tata melalui akun Twitter pribadinya @tatakhoiriyah, yang dikutip Senin (17/5/2021).

Sebelumnya, Tata Khoiriyah sempat mengunggah sejumlah pertanyaan-pertanyaan aneh dan janggal yang muncul saat mengikuti TWK lewat akun Twitter pribadinya. Beberapa pertanyaan yang dianggap Tata aneh yaitu, berkaitan dengan status pernikahan, percintaan, hingga kegiatan kehidupan sehari-hari.

Pertanyaan-pertanyaan yang dianggap janggal itu sengaja diunggah Tata melalui akun Twitter pribadinya. Hal itu, kata Tata, untuk memberikan gambaran bahwa memang ada proses yang janggal dari awal sampai akhirnya mendapatkan hasil tes wawasan kebangsaan.

"Kedua, saya mempertanyakan kelanjutan dari keluarnya SK hasil TWK. Karena posisinya digantung, disuruh menyerahkan tanggung jawab, tapi bukan diberhentikan? Apakah tidak lulusnya TWK ini akan berdampak secara hukum kepada status pegawai, kewajiban dan hak-haknya?," kata Tata masih melalui akun Twitter pribadinya.

Editor : Faieq Hidayat

Halaman : 1 2