Pelabuhan Bakauheni Macet 12 Kilometer, Begini Penjelasan Korlantas Polri

Irfan Ma'ruf ยท Senin, 10 Juni 2019 - 13:19 WIB
Pelabuhan Bakauheni Macet 12 Kilometer, Begini Penjelasan Korlantas Polri

Antrean kendaraan terjadi di pintu masuk Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Minggu (9/6/2019). (Foto: iNews.id/Irfan Ma'ruf)

JAKARTA, iNews.id - Arus balik Lebaran 2019 di Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, Lampung Selatan, macet hingga 12 kilometer pada Minggu (9/6/2019) malam. Antrean kendaraan terlihat mulai dari Desa Hatta, Lampung Selatan hingga Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni yang berjarak 12 kilometer.

Kepala Bagian Operaso (Kabag Ops) Korlantas Polri Kombes Benyamin mengungkapkan, penyebab kemacetan di Pelabuhan Bakauheni karena tidak berimbangnya jumlah kendaraan yang mengantre dengan kapal pengangkut. Volume kendaraan yang mengantre di dermaga tidak sebanding dengan kecepatan bongkar pasang kapal.

"Karena menunggu kapal, sampai di Palabuhan kapalnya tidak bisa cepat sehingga terjadi penumpukan karena waktu bongkar pasang kapal itu ada waktunya sekitar 1 jam dari kosong sampai terisi," tuturnya saat dihubungi iNews.id, Senin (10/6/2019).

BACA JUGA:

Arus Balik Lebaran, Antrean Kendaraan di Bakauheni Mencapai Empat Kilometer

Puncak Arus Balik, Antrean Kendaraan di Bakauheni Mengular 12 Km

Kabaharkam: Volume Kendaraan Meningkat di Bakauheni dan Tol Trans-Jawa

Faktor lainnya adalah infrastruktur jalan tol. Yakni difungsikan Tol Bakauheni hingga ke Rajabasa bahkan sampai ke Palembang. Sehingga arus kendaraan kian deras menuju Pelabuhan Bakauheni.

"Kemudian untuk kemacetan di pintu masuk Bakauheni. Sekarang ini ada jalan tol, jalan tolnya lancar," katanya.

Sebelumnya, antrean panjang kendaraan arus balik Lebaran 2019 menuju Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, Lampung Selatan, mencapai belasan kilometer pada tadi malam, Minggu 9 Juni 2019. Antrean kendaraan menuju pelabuhan itu sudah terlihat mulai dari Desa Hatta, Lampung Selatan.

Jarak antara Desa Hatta hingga Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni adalah 12 km. Ribuan kendaraan yang didominasi mobil pribadi terlihat berjalan merayap sepanjang jalan menuju pelabuhan itu. Kendati terdapat dua jalur kendaraan untuk menuju pelabuhan dan polisi lalu lintas setempat telah menerapkan buka tutup, tetap saja kemacetan tidak dapat dihindari.

Kemacetan arus lalu lintas kendaraan dipicu banyaknya pemudik yang memilih kembali ke tempat asalnya akhir pekan ini, mengingat besok mereka akan menjalani aktivitas kerja setelah libur lebaran berakhir.


Editor : Djibril Muhammad