Pemenang Pilpres Diminta Jangan Jemawa, yang Kalah Harus Lapang Dada

Felldy Utama ยท Rabu, 17 April 2019 - 18:19 WIB
Pemenang Pilpres Diminta Jangan Jemawa, yang Kalah Harus Lapang Dada

Ilustrasi, proses penghitungan pemungutan suara Pilpres 2019. (Foto: Antara).

JAKARTA, iNews.id - Pasangan Capres Cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno diminta menerima hasil Pilpres 2019. Sesuai hasil hitung cepat (quick count) sejumlah lembaga survei menyebutkan Jokowi-Maruf Amin unggul atas Prabowo-Sandi.

Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin mengatakan, pilres maupun pileg merupakan proses demokrasi biasa setiap lima tahun sekali. Semua pihak diharapkan bisa menerima apa pun hasilnya.

"Pemilu 2019 semua kontestan habis-habisan berkampanye. Tidak jarang kita temukan gesekan, nyinyiran, saling serang dan saling menafikkan. Dalam demokrasi perbedaan pendapat itu biasa," ujar Ujang di Jakarta, Rabu (17/4/2019).

BACA JUGA:

Prabowo Minta Pendukung Tenang, Jangan Terprovokasi Lembaga Survei

Daftar Hasil Quick Count Menangkan Jokowi-Ma’ruf

Dia mengingatkan, pemenang pilpres jangan jemawa. Sementara yang kalah diminta tetap lapang dada.
"Jika ada keberatan dari yang kalah, jalur hukum yang terbaik. Pilpres hanya rutinitas lima tahunan biasa. Pasti ada yang menang dan ada pula yang kalah," ucapnya.

Sesuai hasil quick count LSI Denny JA menyebutkan, Jokowi-Maruf Amin memperoleh 55,48% sementara Prabowo-Sandi 44,52%. Hasil quick count Indikator menyebutkan, Jokowi-Ma'ruf Amin memperoleh 54,31% sementara Prabowo-Sandi memperoleh 45,69%.

Kemudian hasil quick count Voxpol Center menyebutkan Jokowi-Ma'ruf Amin memperoleh 56,16% sementara Prabowo-Sandi memperoleh 43,84 %.


Editor : Kurnia Illahi