Pemerintah Akan Kaji Wacana Nomor Urut Parpol Tak Diubah

Felldy Utama ยท Kamis, 17 November 2022 - 17:17:00 WIB
Pemerintah Akan Kaji Wacana Nomor Urut Parpol Tak Diubah
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id -  Wacana nomor urut partai politik Pemilu 2019 tak diubah akan tetap dibahas kembali oleh pemerintah. Usulan itu masih mungkin terealisasi dalam peraturan pemerintah pengganti undang-undang (Perppu) tentang Pemilu.

"Itu kan baru di tingkat teknis. Tapi kan saya harus bicarakan di tingkat pemerintah," kata Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian di DPR, Jakarta, Kamis (17/11/2022).

Mantan Kapolri itu tak menampik jika disebut wacana nomor urut parpol tak diubah bukanlah suatu hal yang substantif untuk dimasukkan ke dalam Perppu Pemilu. Namun, dia menegaskan wacana ini sudah mendapatkan kesepakatan semua pemangku kepentingan.

"Iya bukan substantif, tapi kalau memang disepakati KPU Bawaslu, DKPP, DPR, kenapa juga pemerintah nggak sepakat. Pendapat saya itu baik saja," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Komisi II DPR, Ahmad Doli Kurnia Tandjung menyampaikan bahwa wacana nomor urut partai politik tak diubah pada Pemilu 2024 telah disepakati DPR bersama Pemerintah dan penyelenggara Pemilu. 

"Kita sepakat bahwa partai-partai yang kemarin lolos di Pemilu 2019 itu nomor urutnya tetap. Dan yang lain (parpol baru jadi peserta Pemilu 2024) nanti akan diundi," kata Doli, Rabu (16/11/2022).

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda