Pemerintah Beri Kredit Khusus ke Perusahaan untuk Cegah PHK Imbas Corona

Felldy Utama ยท Kamis, 26 Maret 2020 - 10:10 WIB
Pemerintah Beri Kredit Khusus ke Perusahaan untuk Cegah PHK Imbas Corona

Tangkapan layar Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah akan memberikan kredit khusus kepada perusahaan guna mencegah terjadinya pemutusan hubungan kerja (PHK). Kondisi tersebut sebagai dampak dari menyebarnya virus corona (covid-19).

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono mengatakan, pemerintah akan mengeluarkan surat utang baru atau recovery bond. Surat utang pemerintah dalam rupiah itu nanti akan dibeli Bank Indonesia (BI) atau swasta yang dinilai mampu.

"Dana dari penjualan surat utang ini nanti akan dipegang pemerintah kemudian disalurkan pemerintah kepada dunia usaha melalui kredit khusus," katanya dalam keterangan pers di Gedung BNPB, Jakarta, Kamis (26/3/2020).

Susiwijono memaparkan, nantinya kredit khusus akan didesain seringan mungkin sehingga pengusaha bisa mendapatkan kredit khusus. Dia berharap dengan adanya kredit khusus itu dapat kembali menggairahkan dunia usaha.

"Dengan syarat satu perusahaan itu tidak boleh PHK," ujarnya.

Jika nantinya ada PHK, Susiwijono menuturkan, perusahaan wajib mempertahankan 90 persen karyawannya dengan gaji yang tidak boleh berkurang dari sebelumnya. "Baru kita kasih kredit khusus dari recovery bond tadi," katanya.

Editor : Djibril Muhammad