Pemerintah Diminta Perhatikan Pesantren karena Hasilkan Generasi Muda Berakhlak

Antara ยท Sabtu, 15 Agustus 2020 - 00:35 WIB
Pemerintah Diminta Perhatikan Pesantren karena Hasilkan Generasi Muda Berakhlak

Aktivitas santri di pondok pesantren. (Foto: Dok iNews).

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah diminta menyetarakan pesantren dan sekolah umum melalui anggaran APBN 2021. Kualitas lembaga tersebut harus dioptimalkan, karena menghasilkan generasi muda berakhlak.

Anggota DPR RI, Marwan Jafar mengatakan, pesantren memerlukan perhatian sarana dan prasarana seperti bangunan, kelistrikan, air bersih, akses jaringan komunikasi internet dan lain-lain.

"Sayang jika pesantren, pemasok generasi muda kreatif, berilmu dan berakhlak, sampai kurang mendapatkan prioritas perhatian dan keberpihakan pemerintah," kata Marwan di Jakarta, Jumat (14/8/2020).

Selain itu banyak pesantren yang ada di pedesaan atau pelosok juga memerlukan perhatian. Dengan begitu lembaga pendidikan Islam khas nusantara ini dapat maju karena adan kontribusi pemerintah.

Presiden Joko Widodo dalam pidatonya tentang RAPBN 2021 menyebut anggaran pendidikan tahun depan sebesar Rp549,5 triliun untuk berbagai kategori pendidikan baik umum dan agama.

Pemerintah juga menganggarkan percepatan peningkatan kualitas sarana dan prasarana pendidikan terutama untuk daerah tertinggal, terdepan dan terluar di berbagai wilayah Indonesia.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal