Pemilih Perempuan Efektif Dongkrak Suara Jokowi-Ma'ruf

Abdul Rochim ยท Rabu, 24 April 2019 - 04:04 WIB
Pemilih Perempuan Efektif Dongkrak Suara Jokowi-Ma'ruf

Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf, Erick Thohir memotong tumpeng dalam acara tasyakuran kemenangan Jokowi-Ma'ruf di Rumah Aspirasi, Selasa (23/4/2019). (Foto: iNews.id/Abdul Rochim).

JAKARTA, iNews.id, – Kontribusi perempuan dalam mendulang perolehan suara untuk pasangan capres dan cawapres nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi)-KH Ma'ruf Amin dinilai signifikan. Mereka militan berjuang sejak kampanye hingga menyalurkan suaranya di TPS.

Atas peran besar pemilih perempuan itu, Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Moeldoko menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasihnya.

"Kita memiliki suara perempuan dalam kategori voters luar biasa banyaknya. Ini sebuah instrumen yang efektif untuk meraih suara," ujar Moeldoko di acara Tasyakuran dan Peringatan Hari Kartini bersama Perempuan Keren Pendukung 01 di Rumah Aspirasi, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (23/4/2019).

Moeldoko menuturkan, peran perempuan sangat efektif untuk mengumpulkan suara. Mereka intensif bergerilya dari pintu ke pintu (door to door) maupun lewat berbagai komunitas.

BACA JUGA: Hitungan KPU Pilpres Sudah 20 Persen, Ini Hasilnya

Menurutnya, hingga saat ini masih banyak pihak yang mempertanyakan kepada TKN kepastian paslon 01 memenangkan pilpres.

Mantan Panglima TNI ini menegaskan, seluruh pendukung dan relawan mesti menyuarakan bahwa berdasarkan hitung cepat sejumlah lembaga survei (quick count), Jokowi-Ma’ruf telah memenangi pilpres.

"Untuk itu, tolong disuarakan kita adalah menang, jangan lagi ada yang ragu-ragu. Sampaikan kepada semua rakyat Indonesia sesuai hasil quick count, kita di posisi 55 banding 45 (persen). Jadi jangan ragu-ragu," ujarnya.

Ketua TKN Erick Thohir menjelaskan, tidak hanya quick count yang menggunggulkan pasangan Jokowi-Ma'ruf, namun juga di real count KPU yang hingga saat ini masih berjalan. Data tersebut bisa dipertanggungjawabkan.

"Kita yakini angkanya tidak akan jauh dari real count, 55-45 (persen)," tutur Erick. Dia mengakui, keunggulan Jokowi-Ma’ruf tak lepas dari dukungan para pemilih perempuan.

"Ini tidak lain karena dukungan ibu-ibu, para perempuan. Tahun ini, Pemilu 2019, terbesar sampai 80 persen partisipasinya," kata dia.

Hadir dalam acara tasyakuran ini antar lain Direktur Penggalangan Pemilih Perempuan Ida Fauziyah dan artis Christine Hakim.


Editor : Zen Teguh