Pemprov DKI Jakarta Tegaskan Pembangunan Pulau Reklamasi telah Dihentikan Sepenuhnya

Riezky Maulana ยท Minggu, 24 Oktober 2021 - 09:00:00 WIB
Pemprov DKI Jakarta Tegaskan Pembangunan Pulau Reklamasi telah Dihentikan Sepenuhnya
Pemprov DKI Jakarta menegaskan pembangunan 13 pulau reklamasi telah dihentikan sepenuhnya. (Foto: MPI)

JAKARTA, iNews.id - Pemprov DKI Jakarta menegaskan pembangunan 13 pulau reklamasi telah dihentikan sepenuhnya. Pulau-pulau yang terlanjur dibangun kini dikelola Pemprov DKI Jakarta untuk kepentingan publik.

Asisten Pemerintahan Sekda DKI Jakarta Sigit Wijatmoko menjelaskan pihaknya juga telah memenangkan sebagian besar gugatan dari pihak pengembang.

"Pulau-pulau yang sudah terbangun dikelola untuk kepentingan publik, yang mana 65 persen lahan dikelola oleh Pemprov DKI melalui BUMD. Untuk itu dibuatlah Pergub 58/2018 tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Badan Koordinasi Pengelolaan Pantai Utara. Pergub itu mengatur tentang pengawasan dan monitoring terhadap perizinan, serta pengelolaan pulau yang sudah terbangun," ujar Sigit di Jakarta, Minggu (24/10/2021).

Dia memaparkan, keputusan penghentian reklamasi dilakukan melalui kajian ilmiah mendalam yang dilakukan Pemprov DKI. Antara lain melalui Focus Group Discussion (FGD) untuk bersama-sama menelaah, meneliti, dan memverifikasi dampak reklamasi secara ilmiah. Menurut dia, kajian dilakukan dengan metode pendekatan ilmiah dengan prioritas social justice dan sustainability.

"Transparasi selalu kami kedepankan dalam membahas reklamasi. Setidaknya ada 10 kali FGD yang diadakan, di mana LBH juga selalu turut kami undang dan hadir dalam beberapa kesempatan. Hasil FGD memutuskan agar pulau yang sudah terbangun tidak dibongkar kembali karena akan menimbulkan kerusakan lingkungan," tuturnya.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: