Pemulihan Dampak Tsunami, Kemensos Dirikan Posko Trauma Healing

Felldy Utama ยท Minggu, 30 Desember 2018 - 14:09 WIB
Pemulihan Dampak Tsunami, Kemensos Dirikan Posko Trauma Healing

Menteri Sosial (Mensos) Agus Gumiwang. (Foto: SINDOphoto).

JAKARTA, iNews.id - Pemulihan psikologi kepada masyarakat yang selamat dari bencana tsunami Selat Sunda perlu dilakukan. Salah satunya dengan mendirikan posko trauma healing.

Menteri Sosial (Mensos) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, saat kunjungan ke wilayah dampak tsunami dia melihat ada satu titik pengungsian banyak sekali warga yang ternyata bukan korban akibat bencana. Mereka merupakan masyarakat yang selamat, namun trauma karena daerahnya diterjang gelombang tsunami.

"Menurut pandangan saya sangat penting, yaitu layanan dukungan psikososial. Layanan dukungan psikososial itu program yang berbentuk trauma healing," ujar Agus, di kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, Minggu (30/12/2018).

BACA JUGA:

Korban Tsunami Selat Sunda Bertambah Jadi 429 Orang dan 1.041 Terluka

Tanggap Darurat Bencana Tsunami Selat Sunda hingga 9 Januari 2019

Selain posko trauma healing, Kementerian Sosial (Kemensos) telah membuat delapan dapur umum di daerah yang terkena bencana tsunami Selat Sunda. Dua di antaranya di daerah Lampung Selatan, dan enam di Banten.

Bahkan, per harinya dapur umum untuk sekali masak bisa menghasilkan sebanyak enam ribu nasi bungkus. Lokasi dapur umum tersebut di daerah sekitar posko pengungsian korban tsunami.

Sehingga masuarakat lebih mudah mengakses dan mendapatkan makanan disiapkan. "Suplai (logistik) nya alhamdulillah sampai hari ini tidak ada masalah," katanya.


Editor : Kurnia Illahi