Penangkapan Djoko Tjandra Dinilai Bentuk Keseriusan Pemerintah Menegakkan Hukum

Irfan Maruf ยท Sabtu, 01 Agustus 2020 - 22:52 WIB
Penangkapan Djoko Tjandra Dinilai Bentuk Keseriusan Pemerintah Menegakkan Hukum

Djoko Tjandra mengenakan baju tahanan berwarna oranye. (Foto: Antara).

JAKARTA, iNews.id - Penangkapan terhadap Djoko Tjandra mendapat apresiasi dari sejumlah kalangan. Penangkapan tersebut dinilai sebagai bentuk keseriusan Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) dalam menegakkan hukum.

Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Agus Mulyono Herlambang mengatakan, setiap kasus hukum harus diusut tuntas. Termasuk, kasus cessie Bank Bali yang menjerat Djoko Tjandra.

“Kami sangat mengapresiasi Presiden Jokowi yang secara tegas memerintahkan Kapolri dan Kabareskrim untuk menangkap Djoko Tjandra,“ ujar Agus di Jakarta, Sabtu (1/8/2020).

Sementara kepada Polri diminta tidak cepat berpuas diri terhadap penangkapan Djoko Tjandra. Menurutnya, masih banyak persoalan hukum yang harus dituntaskan, terutama yang menyebabkan kerugian negara.

"Jangan berpuas diri, tangkap juga buronan-buronan lainnya," ucapnya.

Penangkapan Djoko Tjandra, kata dia diharapkan semakin meningkatkan konsolidasi antarlembaga terkait dalam menegakkan hukum.

"Kami berharap ke depan ini sebagai ajang konsolidasi internal dan perbaikan koordinasi antarlembaga penegakan hukum di negara kita yang terlihat rapuh karena kasus ini,” katanya.

Editor : Kurnia Illahi